Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies-Cak Imin Pasangan Solid dan Independen, Prabowo dan Ganjar Berharap Dapat Dukungan Jokowi

Selasa, 12 September 2023, 10:40 WIB
Anies-Cak Imin Pasangan Solid dan Independen, Prabowo dan Ganjar Berharap Dapat Dukungan Jokowi
Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin/Ist
rmol news logo Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin diyakini berada di atas angin karena lebih solid dan independen, tanpa mengharapkan dukungan dari Presiden Joko Widodo.

Menurut Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, jika melihat kalkulasi yang ada, yang lebih aman dan berada di atas angin adalah pasangan Anies-Cak Imin.

"Karena mereka lebih solid dan lebih independen jika dibandingkan dengan Ganjar dan Prabowo. Baik Ganjar dan Prabowo sama-sama mengekor dan berharap dapat dukungan dari Jokowi," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (12/9).

Padahal, kata Saiful, Jokowi tidak mungkin akan bermain dua kaki. Sehingga, pada akhirnya Jokowi akan menentukan salah satu calon yang layak didukung.

"Dan yang pasti Jokowi akan mendukung kandidat yang akan berpotensi lebih menguntungkan bagi dirinya," kata Saiful.

Dengan demikian, menurut akademisi Universitas Sahid Jakarta ini, jika melihat konstelasi yang ada, pasangan Anies-Cak Imin lebih aman. Karena keduanya tanpa beban harus mendapatkan dukungan dari Jokowi.

"Dari perbedaan itulah Anies-Cak Imin lebih diuntungkan, bahkan jika pemilu berlangsung dua putaran, maka dapat dipastikan pasangan Anies-Cak Imin akan berhadapan dengan Prabowo atau Ganjar di putaran kedua," kata Saiful.

Hal itu dikarenakan Anies-Cak Imin tidak bergantung dan tidak tergantung pada sosok Jokowi yang memang sulit diharapkan.

"Terlebih lagi banyak problem yang dihadapi pemerintahan Jokowi menjelang jabatannya berakhir," pungkas Saiful.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA