Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ziarah ke Makam Kiai Langitan, Yusril Teringat Saat Menjadi Menteri Gus Dur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Senin, 11 September 2023, 19:41 WIB
Ziarah ke Makam Kiai Langitan, Yusril Teringat Saat Menjadi Menteri Gus Dur
Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra berziarah ke makam KH Abdullah Faqih di Pondok Pesantren Langitan, Jawa Timur pada Minggu malam (11/9)/Ist
rmol news logo Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra berziarah ke makam KH Abdullah Faqih di Pondok Pesantren Langitan, Jawa Timur pada Minggu malam (11/9).

Saat berziarah ke makam Kiai Langitan, Yusril mengenang kedekatannya dengan almarhum Presiden Keempat RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Yusril  mengenal pondok pesantren bersejarah ini dan Kiai Langitan dari Gus Dur. Mengenang masa lalu, Yusril mengatakan, beberapa kali bertemu dengan almarhum Kiai Abdullah Faqih karena diajak Gus Dur yang sangat dihormatinya.

“Bahkan tidak jarang Gus Dur belum berani ambil keputusan penting sebelum mendengarkan pandangan Kiai Langitan,” kenang Yusril yang menjadi Menteri Kehakiman dan HAM ketika Gus Dur menjadi Presiden, Senin (11/9).

Sambil berjalan menuju makam, Pengasuh Ponpes Langitan Kiai Ubaidillah Faqih menceritakan sejarah pesantren ini sejak berdiri sekitar 1850 sampai sekarang. Kiai Ubaidillah adalah generasi ketujuh yang memimpin pondok pesantren ini secara turun-temurun.

Setibanya di depan makam KH Abdullah Faqih dan para leluhur Pondok Pesantren Langitan, Kiai Ubaidillah bersama Yusril, Sekjen PBB Afriansyah Noor dan Ketua DPW PBB Jawa Timur Muhammad Masduki berdiri mendaraskan Al-Fatihah dan beberapa surat Al-Qur'an serta memanjatkan doa.

Usai berdoa, Kiai Ubaidillah memberikan nasehat kepada Yusril agar bersikap lurus dan tawakal dalam berjuang dan jangan sekali-kali melalaikan amanah.

“Saya kenal Pak Yusril sebagai orang yang lurus dan pikirannya jernih melihat persoalan bangsa kita. Beliau seorang ahli hukum yang mumpuni yang dibutuhkan bangsa ini untuk menegakan hukum dan keadilan. Semoga Allah SWT memberikan jalan yang terbaik untuk Pak Yusril,” kata Kiai Ubaidillah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA