Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selain Airlangga, Yusril juga Bukan Tokoh Sepele untuk Dampingi Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 09 September 2023, 09:09 WIB
Selain Airlangga, Yusril juga Bukan Tokoh Sepele untuk Dampingi Prabowo
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra/Net
rmol news logo Koalisi pendukung bakal calon presiden Prabowo Subianto memiliki segudang tokoh yang pantas dan kapabel menjadi bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

"Kalau dari nama ketua umum partai, semuanya punya peluang (jadi bakal cawapres). Dari Airlangga Hartarto (Ketum Golkar), Ketum PAN (Zulkifli Hasan)," kata pengamat komunikasi politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Nyarwi Ahmad, Sabtu (9/9).

Selain itu, ada sosok yang tak bisa dipandang sebelah mata dalam bursa bakal cawapres Prabowo Subianto. Menurut Nyarwi, salah satunya adalah Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra.

Yusril memiliki pengalaman panjang dan cakap di dunia perpolitikan Tanah Air. Bahkan sudah lama mengenal birokrasi pemerintahan pada masa rezim orde baru.

"Itu potensial juga. Kita tahu latar belakang dan pengalaman Prof Yusril ini cukup panjang dari era pak Soeharto dulu sebagai (bekerja) di Sekretariat Negara," nilainya.

Kariernya terus berlanjut pada masa kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur periode 1999-2001. Saat itu, Yusril menjadi Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Di masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri periode 2001-2004, Yusril juga diangkat menjadi Menteri Hukum dan HAM. Kemudian pada era Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2007), ia dipilih menjadi Menteri Sekretaris Negara.

"Di kalangan media atau publik, Yusril itu punya kemampuan analisis yang menarik, yang bisa jadi referensi secara politik dan tata negara," tutup Nyarwi. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA