Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bagai Air dan Minyak, Sulit Wujudkan Pasangan Anies-Ganjar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 27 Agustus 2023, 13:05 WIB
Bagai Air dan Minyak, Sulit Wujudkan Pasangan Anies-Ganjar
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo Wacana memasangkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024, masih kencang dibahas belakangan ini.

Hanya saja, kata pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga, wacana memasangkan Anies-Ganjar sulit terwujud. Setidaknya ada dua penyebabnya, dengan sebab utama keduanya sama-sama diposisikan sebagai capres.

"Tidak ada diantara mereka yang di plot untuk cawapres. Kalau tidak ada yang mau jadi cawapres, tentu pasangan itu sulit diwujudkan," kata Jamiluddin lewat keterangan tertulisnya, Minggu (27/8).

Selain itu, kata Jamiluddin, baik pemilih Ganjar ataupun Anies juga berbeda dan berseberangan. Karena itu, pemilih Anies dan Ganjar akan saling meniadakan.

"Akibatnya, bila dua sosok ini dipasangkan justru berpeluang kehilangan suara," imbuhnya.

Lebih berat lagi, lanjutnya, koalisi yang mengusung memiliki agenda berbeda. Anies diusung untuk mewujudkan perubahan, sementara Ganjar untuk meneruskan program Presiden Joko Widodo.

"Dua penyebab itu membuat pasangan Anies-Ganjar sulit diwujudkan. Dua sosok ini ibarat minyak dan air sehingga sulit disatukan," demikian Jamiluddin.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA