Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Penghargaan, Robby Kurniawan Pacu Peningkatan Kualitas dan Keselamatan Angkutan Umum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 23 Agustus 2023, 16:59 WIB
Lewat Penghargaan, Robby Kurniawan Pacu Peningkatan Kualitas dan Keselamatan Angkutan Umum
Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPTJ Robby Kurniawan/Ist
rmol news logo Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menggelar pemilihan Pramudi dan Masinis Teladan di wilayah Jabodetabek.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPTJ Robby Kurniawan mengatakan, penghargaan itu sebagai apresiasi pada juru mudi angkutan umum, baik dalam bidang transportasi jalan maupun perkeretaapian yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pemilihan Pramudi dan Masinis Teladan ini diikuti 59 peserta dari berbagai perusahaan operator transportasi di wilayah Jabodetabek. Kegiatan ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh BPTJ, setelah sebelumnya digelar tahun 2019 dan 2021.

Dikatakan Robby, penghargaan ini juga untuk meningkatkan motivasi terhadap juru mudi dalam menjalankan profesinya.

"Mereka bertanggung jawab terhadap keselamatan para penumpang. Mengantarkan banyak nyawa dari suatu tempat ke tempat lain dengan selamat. Itu tanggung jawab yang sangat besar," ujar Robby dalam keterangan tertulis, Rabu (23/8).

Terdapat empat kategori penghargaan yang diberikan, meliputi Pramudi Teladan Berbasis Bus, Pramudi Teladan Berbasis Mobil Penumpang Umum (MPU)/Taksi, Pramudi Teladan Berbasis Mobil Penumpang Umum (MPU)/Angkutan Sewa Khusus (ASK), serta Masinis Teladan di Wilayah Jabodetabek.

Dijelaskan Robby, penerima penghargaan ditentukan melalui serangkaian proses seleksi. Adapun tahapan seleksinya meliputi penguasaan teori, pemeriksaan kesehatan, wawancara, dan penguasaan praktik lapangan, ujian praktik bagi para pengemudi bus, taksi, dan ASK dilaksanakan di sekitar kawasan Kemayoran dan Gunung Sahari.

Sementara bagi para masinis ujian praktik mempergunakan fasilitas simulator KA di Depo KRL Depok milik KCI.

Guna menjaga independensi, kata Robby lagi, tim penilai berasal dari berbagai instansi meliputi BPTJ, DPP Organda, PT Jasa Raharja, Korlantas Polri, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA