Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tawaran DPD RI: MPR RI sebagai Lembaga Tertinggi Negara dan Buka Peluang Anggota DPR Non-partisan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 16 Agustus 2023, 16:23 WIB
Tawaran DPD RI: MPR RI sebagai Lembaga Tertinggi Negara dan Buka Peluang Anggota DPR Non-partisan
Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti/Net
rmol news logo DPD RI menawarkan beberapa hal kepada pemerintah untuk menyempurnakan dan penguatan sistem konstitusi. Dalam tawarannya, DPD RI menawarkan kepada pemerintah agar mengembalikan marwah MPR RI.

Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti memaparkan tawaran dalam bentuk proposal kenegaraan dengan naskah akademik saat memberikan pidato kenegaraannya di Sidang tahunan MPR, DPR, DPD RI, di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).

"Pertama, mengembalikan MPR sebagai Lembaga Tertinggi Negara, sebagai sebuah sistem demokrasi yang berkecukupan. Yang menampung semua elemen bangsa. Yang menjadi penjelmaan rakyat sebagai pemilik dan pelaksana kedaulatan," kata LaNyalla

Kedua, lanjut LaNyalla, DPD RI meminta agar pemerintah memberikan peluang bagi anggota DPR RI yang bukan dari partai untuk menjadi anggota dewan.

"Membuka peluang adanya anggota DPR RI yang berasal dari peserta pemilu unsur perseorangan atau non-partisan. Selain dari anggota partai politik," katanya.

"Sebagai bagian dari upaya untuk memastikan bahwa proses pembentukan Undang-Undang yang dilakukan DPR bersama Presiden, tidak didominasi oleh keterwakilan kelompok partai politik saja. Tetapi juga secara utuh dibahas oleh keterwakilan masyarakat non partai," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA