Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Tetap Usung Ganjar Walau Potensi Menang Menipis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 14 Agustus 2023, 15:08 WIB
PDIP Tetap Usung Ganjar Walau Potensi Menang Menipis
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo PDI Perjuangan hampir tidak mungkin mengusung bakal calon presiden (bacapres) dari luar partai. Alasannya, karena banteng moncong putih tidak akan mendapat efek elektoral.

Analis politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin berpendapat PDIP akan tetap mengusung Ganjar Pranowo pada 2024. Sekalipun potensi Ganjar menang semakin tipis setelah koalisi besar berhasil dibentuk Prabowo Subianto.

“Menang atau kalah kelihatannya akan memasukkan Ganjar sebagai capresnya. Karena tadi, mencari pihak lain di luar kadernya PDIP tidak akan mendapatkan efek elektoral,” kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (14/8).

Setidaknya, sambung Ujang, jika Ganjar kalah dalam Pilpres 2024, PDIP tetap bisa memenangkan kursi legislatif jika mengusung capres sendiri.

Ini karena ada efek elektoral dari pencalonan presiden, yang mengikuti kader-kader banteng lainnya dalam pemilu legislatif.

“Kader PDIP siapapun bisa mendapat efek elektoral bagi partai PDIP itu, agar pemilunya PDIP bisa unggul. Walaupun misalkan capresnya bisa tumbang atau kalah. Kan begitu pilihannya,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA