Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Merasa Digantung Prabowo, Pengurus PKB Ingin Cak Imin Jajaki Koalisi di Luar KKIR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 01 Agustus 2023, 14:45 WIB
Merasa Digantung Prabowo, Pengurus PKB Ingin Cak Imin Jajaki Koalisi di Luar KKIR
Ketum Gerindra Prabowo Subianto usai menemui Ketum PKB Muhaimin Iskandar sepulang haji/RMOL
rmol news logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diklaim memiliki modal yang kuat untuk memenangkan Pemilu 2024. Salah satunya, PKB sangat identik dengan NU yang mempunyai basis massa sangat besar.

Wakil Bendahara Umum DPP PKB, Bambang Susanto mengatakan, PKB memiliki basis dukungan yang kuat di Jawa Timur. Wilayah ini seringkali menjadi penentu kemenangan dalam kontestasi pilpres.

“Keunggulan komparatif dalam Pemilu 2024 harus mampu dikomparasikan PKB menjadi keunggulan mutlak. Sehingga PKB mampu meraih target 100 kursi di DPR RI dan mengantarkan (Ketum PKB) Cak Imin sebagai pemenang Pilpres 2024,” kata Bambang, lewat keterangan tertulisnya, Selasa (1/8).

Kendati mempunyai keunggulan, Bambang mengakui PKB mempunyai sejumlah tantangan. Di antaranya belum meratanya perolehan suara PKB terutama di daerah-daerah pemilihan di luar Jawa, masih lekatnya persepsi PKB sebagai partai agama, hingga minimnya tingkat keterkenalan PKB di kalangan anak muda.

Selain itu, saat ini di internal PKB juga tengah terjadi dinamika hangat terkait posisi terbaik Cak Imin dalam Pilpres 2024. Sebagian pengurus PKB menghendaki harus mulai melakukan penjajakan koalisi lain di luar Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Hal ini didasari ketidakjelasan sikap Gerindra dalam menggaransi Cak Imin sebagai pasangan Prabowo Subianto di Pilpres mendatang.

“Namun sebagian pengurus lain masih ngotot agar PKB tetap berada dalam KKIR yang sudah hampir setahun berjalan," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA