Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Wilayah yang Dilalui ALKI 1, Ini Tugas IKAL Lemhannas Banten dari Komjen Rudy

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Selasa, 01 Agustus 2023, 10:44 WIB
Jadi Wilayah yang Dilalui ALKI 1, Ini Tugas IKAL Lemhannas Banten dari Komjen Rudy
Sekretaris Utama Lemhannas RI, Komjen Rudy Sufahriadi, di acara pelantikan pengurus DPD IKAL Lemhannas Provinsi Banten periode 2023-2028 di Pendopo Gubernur Banten, Senin (31/7)/RMOL
rmol news logo Banten sebagai jalur pelayaran utama Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 1 (Selat Sunda-Selat Karimata-Laut Natuna-Laut Cina Selatan) memiliki potensi besar dalam mengembangkan sumber daya alam.

Sumber daya yang dikelola dengan baik dapat menghasilkan pemasukan, yang akan kembali lagi untuk mensejahterakan masyarakat di Banten.

Itu sebabnya, pengurus DPD Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (IKAL Lemhannas) di Provinsi Banten wajib membantu pemerintah daerah.

Demikian poin utama amanat Sekretaris Utama Lemhannas RI, Komjen Rudy Sufahriadi, di pelantikan pengurus DPD IKAL Lemhannas Provinsi Banten periode 2023-2028 di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten, Jalan Syekh Moh Nawawi Albantani No.1, Sukajaya, Curug, Serang, Senin (31/7).

"Silakan bertukar pikiran, tadi kami bahas sedikit masalah Banten ini di ALKI 1, ibu Prof Reni (Penasihat IKAL Lemhannas DPD Banten, red) sudah mengkaji. Kita sudah undang beberapa kementerian untuk membahas ALKI 1, berapa kapal yang lewat Selat di Banten ini sudah dikaji. Nanti tinggal dibagi saja kira-kira di Banten ini mau bikin apa, tinggal teruskan saja. Di sini kira-kira kan sudah banyak ahli," kata Rudy.

Sedikit melihat ke belakang, Rudy mengakui selama dirinya bertugas di Indonesia sudah banyak wilayah yang dikunjunginya. Salah satunya di Provinsi Banten atau secara geografis bagian paling barat di Pulau Jawa.

Lanjut Rudy, selain sumber daya alam, Banten juga memiliki kultur sosial beragam mulai dari masyarakat di tingkat desa hingga perkotaan.

"Saya sudah dinas dari ujung Aceh ke Papua saya sudah melihat ujung Indonesia semua saya pernah di mana-dimana dinasnya, saya sampaikan, Banten surganya dunia, luar biasa," aku Rudy

"Bandara Soetta ada di Banten, pantainya juga ada, mau tempat dingin ada, tempat panas ada, tempat ramai ada, tempat sepi ada, masih ada kampung, masih ada kota, masih ada metropolitan, semua ada disini," sambungnya.

Itu sebabnya, Rudy menaruh harapan kepada IKAL Lemhannas Banten agar turut berkontribusi membantu pemerintah dalam mengembangkan potensi sumber daya yang ada.

"Teman-teman IKAL di sini mohon dibantu Pak Gubernur untuk berikan masukkan yang baik-baik, semoga Banten jadi baik sesuai harapan dan cita-cita masyarakat," pinta Rudy. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA