Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies Bakal Teruskan Pembangunan Jalan Tol secara Berkeadilan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 30 Juli 2023, 18:27 WIB
Anies Bakal Teruskan Pembangunan Jalan Tol secara Berkeadilan
Bakal Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan/Ist
rmol news logo Pembangunan jalan tol dipastikan tidak berhenti bila Anies Baswedan terpilih menjadi presiden, namun unsur keadilan dimasukkan, agar masyarakat di sekitar jalan tol ikut menikmati.

Salah satu contoh, memasukkan lahan atau tanah milik masyarakat di sekitar jalan tol sebagai investasi publik, dalam bentuk penyertaan modal.

Juru bicara sekaligus tim ahli ekonomi Anies Baswedan, Thomas Trikasih Lembong, menyebut gagasan itu sebagai salah salah satu komitmen perwujudan pembangunan berkeadilan ala Anies.

“Salah satu visi ekonomi kita adalah membangun sebuah masyarakat yang ikut memiliki aset atau ownership society, di mana segenap warga dan rumah tangga bisa ikut memiliki aset, dan menikmati kenaikan nilai aset itu,” kata Tom Lembong, sapaan akrabnya, Minggu (30/7).

Dengan ownership society, mental masyarakat juga akan berubah total, karena publik yang berorientasi pada kenaikan nilai aset menjadi peduli dengan strategi jangka panjang.

Dia merujuk pada pernyataan Anies soal investasi masyarakat sekitar jalan tol dengan mekanisme penyertaan modal, dipastikan akan mendorong pola pikir masyarakat menuju kesejahteraan jangka panjang.

Tom Lembong menggambarkan adanya kesulitan menciptakan masyarakat yang bisa benar-benar sejahtera dengan hanya mengandalkan penghasilan berkala, seperti gaji atau hasil panen.

Sangat berbeda dengan masyarakat di negara-negara maju, yang secara regulasi bisa dikondisikan memiliki aset-aset dalam sebuah usaha atau bisnis.

“Masyarakat di negara maju bisa sejahtera, karena keluarga dan individu punya aset seperti rumah, saham, obligasi dan kepemilikan dalam sebuah usaha, yang nilainya naik dari tahun ke tahun,” pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA