Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Rapat Paripurna Pengesahan RUU Kesehatan, Gedung DPR Digeruduk Nakes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 11 Juli 2023, 11:11 WIB
Jelang Rapat Paripurna Pengesahan RUU Kesehatan, Gedung DPR Digeruduk Nakes
Sejumlah massa pendemo melakukan aksi penolakan pengesahan RUU Kesehatan yang dinilai bermasalah/RMOL
rmol news logo Ratusan massa yang berasal dari Organisasi Profesi Kesehatan seperti PB IDI, PPNI, IBI, IAI, dan PDGI, menggelar unjuk rasa di depan gedung DPR RI, Jalan Gatot Soebroto, Senayan, Jakarta, Selasa siang (11/7).

Unjuk rasa bertajuk “Aksi Selamatkan Kesehatan Rakyat Indonesia” ini dilakukan dalam rangka menolak rencana Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang akan menggelar Rapat Paripurna pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Kesehatan siang nanti.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL di lokasi sekitar pukul 10.35 WIB, ratusan massa dari tenaga kesehatan (Nakes) ini masih menyuarakan aspirasinya menolak pengesahan RUU Kesehatan yang dinilai bermasalah.

Sementara itu, berdasarkan jadwal Kesetjenan DPR RI, Rapat Paripurna DPR RI ke-29 pada masa sidang V tahun sidang 2022-2023 akan digelar pukul 12.30 WIB di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Adapun, agenda rapat paripurna kali ini adalah pengesahan RUU tentang Kesehatan. Dilanjut dengan penyampaian keterangan pemerintah terhadap RUU tentang Pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2022.

Pembahasan RUU Kesehatan oleh DPR dinilai para tenaga kesehatan dilakukan terlalu terburu-buru. Bahkan, pembahasan ini disebut tidak menampung masukan dari organisasi kesehatan.

Selain itu, RUU Kesehatan juga dianggap bisa memecah belah profesi kesehatan, melemahkan perlindungan, dan kepastian hukum tenaga kesehatan. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA