Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Renovasi JIS Kental Muatan Politis, Pemerintah Gengsi Akui Karya Anies?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 05 Juli 2023, 14:23 WIB
Renovasi JIS Kental Muatan Politis, Pemerintah Gengsi Akui Karya Anies?
Jakarta International Stadium (JIS)/RMOL
rmol news logo Rencana penggantian rumput Jakarta International Stadium (JIS) yang akan dilakukan pemerintah pusat jelang perhelatan Piala Dunia U-17 di Indonesia menimbulkan pro kontra.

Jurubicara Anies Baswedan, Sudirman Said merasa heran lantaran pemerintah sulit sekali mengakui kualitas JIS yang sepenuhnya dibangun oleh tenaga kerja anak bangsa dengan dibantu konsultan Buro Happold yang juga membangun Tottenham Hotspurs Stadium, di Inggris.

"Kok pemerintah pusat seperti terus mencari-cari kekurangan? Masyarakat pasti memiliki pertanyaan yang sama, apa salahnya mengakui ada karya anak bangsa yang bermutu tinggi?” kata Sudirman, Rabu (5/7).

Mantan menteri ESDM ini tidak menampik jika kemudian terbentuk pandangan di masyarakat bahwa polemik ini bernuansa politis karena JIS dibangun di era Anies menjadi Gubernur Jakarta.

“Persepsi demikian mau tidak mau terbentuk, karena sudah didahului dengan berbagai peristiwa yang sejenis. Seperti yang terjadi pada Formula E semasa Anies, yang dipersulit, dikritik dan tidak diberi dukungan sponsor. Namun begitu Anies selesai (menjabat), menjadi program yang diminati banyak pihak dan banjir sponsor,” sambungnya.

Terkait pernyataan Menpora yang menyebut ada 5 stadion berstandar FIFA di Indonesia dan tidak terdapat JIS didalamnya, banyak pihak mengaitkan hal tersebut kental aroma politis untuk mereduksi keberhasilan Anies.

“Apakah karena JIS yang membangun Anies lantas dipermasalahkan? Mengapa tidak memasalahkan stadion-stadion yang lain? Apakah JIS sedemikian bermasalah, sehingga tidak layak diajukan sebagai salah satu venue?” tandas Sudirman.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA