Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah Usung Capres, Nasdem Paling Populer Dibincangkan di Twitter

Minggu, 25 Juni 2023, 22:18 WIB
Sudah Usung Capres, Nasdem Paling Populer Dibincangkan di Twitter
Data Analyst Continuum Indef, Maisie Sagita/Repro
RMOL. Partai Nasdem paling populer diperbincangkan di media sosial Twitter usai mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024.

Demikian disampaikan Data Analyst Continuum Indef, Maisie Sagita dalam diskusi virtual bertajuk Popularitas Partai Politik dalam Perbincangan Publik di Media Sosial.

"Yang paling populer ini, yang pertama adalah Nasdem dengan 140.884 perbincangan," katanya seperti dikutip redaksi, Minggu (25/6).

Sebagai runner-up yakni PDI Perjuangan dengan 109.872 perbincangan, disusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 39.542 perbincangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 38.081 perbincangan serta Partai Gerindra 35.350 perbincangan.
 
Tren lima parpol yang sering diperbincangkan tertinggi di Twitter ini karena sudah menyatakan sikap terhadap figur bakal Capres. Misalnya, Nasdem dan PKS mendukung Anies. Sementara PDIP mengusung Ganjar Pranowo.

Kendati begitu, Parpol yang mendapat popularitas perbincangan di Twitter belum tentu diimbangi dengan perbincangan positif. Karena, ada pula yang dibincangkan secara negatif.

NasDem mendapat 77 persen proporsi perbincangan positif dari total 140.884 perbincangan. Sementara itu, PDIP dari total 109.872 perbincangan mendapat 72 persen perbincangan positif.

"Kalau melihat popularitas partai-partai lain masih jauh di bawah dua partai ini yaitu Nasdem dan PDIP," ucap Maisie.

Penelitian ini menggunakan metodologi mengamati bot/buzzer free di Twitter pada 1-31 Mei 2023. Bot/buzzer free digunakan untuk memastikan data yang digunakan adalah berasal dari akun-akun masyarakat dan bukan robot atau buzzer. Sehingga, informasi yang didapatkan mewakili aspirasi masyarakat.

Pengamatan tersebut dianalisis mulai dari eksposur perbicangan, sentimen perbicangan, dan topik pebincangan. Total 485.743 pembicaraan yang dianalisis dari 139.942 akun Twitter.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA