Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Megawati Resmikan Rumah Kaca Anggrek Soedjana Kassan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 18 Mei 2023, 16:35 WIB
Megawati Resmikan Rumah Kaca Anggrek Soedjana Kassan
Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI), Megawati Soekarnoputri/Ist
rmol news logo Rumah Kaca Anggrek Soedjana Kassan yang berada dalam kompleks Kebun Raya Bogor, Jawa Barat diresmikan langsung oleh Megawati Soekarnoputri.

Megawati yang juga sebagai Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) ini menceritakan, Kebun Raya Bogor memiliki cerita tersendiri baginya saat masih kecil.

"Nostalgia sedikit. Saya kan anak presiden, suka tidur di Istana. Liburan, keliling Kebun Raya. Kalau ada truk sampah, kami selalu ikut naik sama kakak saya ke truk sampah kecil yang sudah dibuang sampahnya. Mancing di Kali Ciliwung, lalu cari udang di sungai," kata Megawati dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/5).

Kedekatan dengan alam itulah yang memantik Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini akhirnya mendirikan Yayasan Kebun Raya Indonesia yang kini sudah menginjak usia ke-206 tahun.

"Orang asing selalu bilang, beautiful botanical garden. Padahal dulu (Kebun Raya Bogor) baru lima hektare, sekarang ada 51 hektare," ujar Megawati.

Adapun Rumah Kaca Anggrek Soedjana berdiri di lahan sekitar 6.818 meter dan memiliki 500 koleksi bunga anggrek se-Indonesia. Lokasi ini diperuntukkan rumah kaca induk, laboratorium kultur jaringan, penghubung ruang anggrek, serta ruang koleksi dan pameran anggrek.

Nama Soedjana Kassan merupakan orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Kepala Kebun Raya Bogor sekaligus pecinta tanaman hias, khususnya anggrek.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Zainal Fatah menyebutkan, Rumah Kaca Anggrek dibangun tahun 2019 dan selesai di tahun 2021. Di rumah kaca induk anggrek, terdapat tempat kebutuhan eksplorasi, perawatan, dan isolasi.

"Laboratorium kultur jaringan dan griya anggrek sesuai dengan fungsi yang didiskusikan bersama BRIN," jelas Zainal. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA