Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Acara ICMI, JK Singgung Kalah Pemilu Saat Berpasangan dengan Wiranto

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 12 Mei 2023, 22:26 WIB
Di Acara ICMI, JK Singgung Kalah Pemilu Saat Berpasangan dengan Wiranto
Dewan Kehormatan ICMI, Jusuf Kalla saat halal bihalal di Hotel Borobudur/Repro
rmol news logo Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menggelar acara halal bihalal di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat pada Jumat malam (12/5).

Acara ini dihadiri sejumlah tokoh, diantaranya Ketua ICMI Arif Satria, Menkopolhukam Mahfud MD, Ketua Wantimpres Wiranto serta Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla.

Selaku Dewan Kehormatan ICMI, Jusuf Kalla diberi kehormatan untuk menyampaikan pidato. Mengawali sambutannya, sosok yang akrab disapa JK itu secara khusus menyapa Wiranto.

"Pak Wiranto ini pasangan saya dulu yang kalah," kata JK sembari tersenyum.

Politikus senior Partai Golkar itu membeberkan bahwa dirinya sudah tiga kali mengikuti kontestasi Pemilu. Hasilnya, JK dua kali berhasil menang dan satu kali kalah.

"Jadi saya tiga kali ikut pemilu, dua kali menang, satu kali kalah. Kalahnya itu pada saat saya berpartai," sambungnya tertawa.

Jusuf Kalla berhasil menjadi Wakil Presiden untuk kali pertama mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada periode 2004-2009.

Lalu dirinya memutuskan untuk maju menjadi capres bersama Wiranto pada tahun 2009. Kala itu pasangan ini belum berhasil mengalahkan SBY yang kembali menjabat untuk periode kedua.

Pilpres 2009 saat itu diikuti 3 pasangan calon, yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boediono, Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto, serta Jusuf  Kalla dan Wiranto.

Selanjutnya pada tahun 2014-2019, Jusuf Kalla kembali mengikuti kontestasi pemilu dan menjadi Wakil Presiden mendampingi Joko Widodo pada periode pertama .

"Ternyata saya bisa jadi Wapres kalau profesional saja," tandas Jusuf Kalla.rmol news logo article                                                             

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA