Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Unggul Setelah Deklarasi Bacapres, Anies Nomor Tiga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 12 Mei 2023, 15:38 WIB
Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Unggul Setelah Deklarasi Bacapres, Anies Nomor Tiga
Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terhadap tiga kandidat calon presiden 2024/Net
rmol news logo Peta elektabilitas bakal calon presiden yang berpotensi bertarung di Pilpres 2024 belum banyak berubah.

Dalam simulasi tiga nama yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) secara tertutup, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bersaing ketat.

"Ganjar mendapat dukungan terbanyak dengan 39,2 persen, disusul Prabowo 32,1 persen, dan Anies 19,7 persen. Yang belum tahu 8,9 persen," kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani Saiful saat memaparkan survei secara daring di kanal YouTube SMRC TV, Jumat (12/5).

Deni memaparkan, ada tren peningkatan elektabilitas Ganjar dalam kurun waktu satu bulan terakhir, atau setelah deklarasi sebagai bacapres oleh PDIP.

"Sebulan terakhir pola Ganjar dan Anies tarik-menarik, Ganjar naik, Anies turun. Kalau di bulan-bulan sebelumnya lebih kepada persaingan Anies dan Prabowo. Ketika Anies menguat, Prabowo melemah, dan sebaliknya," sambung Deni.

Survei ini dilakukan SMRC pada 30 April sampai 7 Mei 2023 terhadap 1.220 responden yang sudah berusia 17 tahun ke atas dengan metode multistage random sampling. Dari jumlah tersebut, responden yang dapat diwawancarai secara valid sebanyak 1.020.

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA