Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Temukan Server Down di Proses Input Data Persyaratan Bakal Calon DPD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 09 Mei 2023, 14:37 WIB
Bawaslu Temukan <i>Server Down</i> di Proses Input Data Persyaratan Bakal Calon DPD
Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty/Net
rmol news logo Sistem informasi pencalonan (Silon) untuk input data persyaratan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), berdasarkan temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), sempat tidak bisa diakses atau terjadi server down.

Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty menjelaskan, server down terjadi saat proses input data oleh bakal calon anggota DPD dilakukan.

“Berdasarkan data hasil pengawasan jajaran pengawas pemilu, Bawaslu mencatat bahwa Silon beberapa kali tidak dapat diakses (Kode 502 Bad Gateway, 419 page expired),” ujar Lolly kepada wartawan, Selasa (9/5).

Menurut Lolly, kesulitan menjangkau Silon juga dialami jajaran Bawaslu baik di tingkat pusat maupun daerah. Sebab, akses data yang disediakan untuk pengawas sangat terbatas.

Ia mencontohkan, data persyaratan yang bisa dibuka oleh jajaran Bawaslu hanya berupa Form F1, atau data masyarakat yang mendukung bakal calon anggota DPD.

“Tapi tidak ada data KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KK (Kartu Keluarga), atau identitas lainnya sebagai pembanding (untuk memastikan data yang diinput valid),” urai Lolly.

Maka dari itu, mantan anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat ini memastikan, kendala yang dialami Bawaslu dalam mengakses Silon menghambat kerja pengawasan tahapan pencalonan bakal calon anggota DPD.

“Bawaslu mengalami kendala dalam mencari dukungan ganda, dukungan yang dipalsukan, atau potensi TMS (tidak memenuhi syarat) terhadap keterpenuhan syarat dukungan. Dokumen KTP dan KK pendukung tidak dapat diakses/dibuka/dilihat,” demikian Lolly menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA