Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ganjar Capres PDIP, Tamil: Ada Dua Janji Jokowi ke Megawati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 23 April 2023, 19:23 WIB
Ganjar Capres PDIP, Tamil: Ada Dua Janji Jokowi ke Megawati
Komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan/Ist
rmol news logo Joko Widodo diyakini menyampaikan dua janji kepada Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, hingga akhirnya Ganjar Pranowo diusung sebagai bakal calon presiden (Bacapres).

Komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan, mengatakan, diputuskannya Ganjar Pranowo sebagai Bacapres dari PDIP merupakan kemauan Jokowi.

Setidaknya, kata Tamil, ada dua janji Jokowi kepada Megawati, hingga akhirnya Ganjar yang dipilih ketimbang Puan Maharani.

"Ganjar ini jagonya Pak Jokowi, itu sudah rahasia umum, sebab secara gesture di depan publik, Pak Jokowi tidak pernah bicara soal Puan, tapi berulang kali memberi sinyal dukungan ke Ganjar. Jadi jelas, ini kemauan tunggal Pak Jokowi," kata Tamil, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (23/4).

Dosen Universitas Dian Nusantara itu menilai, Megawati menyetujui mengusung Ganjar, dengan catatan harus bisa mandiri membiayai kontestasi Pilpres 2024.

"Saya menduga kuat, janji Jokowi yang pertama adalah tidak memberatkan PDIP dalam pembiayaan kontestasi Ganjar di Pilpres 2024. Artinya Pak Jokowi akan menjamin penuh dukungan dana untuk itu," kata Tamil.

Janji kedua, sambung Tamil, Jokowi memastikan akan mendukung Puan Maharani menjadi Ketum PDIP, mengingat saat ini ada beberapa kubu di internal PDIP.

Megawati, sambungnya, tentu khawatir bila ada kubu yang tidak setuju jika Puan jadi penerusnya.

"Artinya Jokowi bersedia menjadi perajut kubu-kubu itu, demi memuluskan Puan menjadi Ketum, tanpa ada halangan di internal," pungkas Tamil.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA