Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei LPI: Milenial Papua Apresiasi Kinerja BIN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 15 April 2023, 09:19 WIB
Survei LPI: Milenial Papua Apresiasi Kinerja BIN
Direktur Eksekutif LPI, Boni Hargens (kanan)/Net
rmol news logo Tingkat kepuasan masyarakat Papua kepada Badan Intelijen Negara (BIN) cukup tinggi setelah adanya Papua Youth Creative Hub (PYCH) sebagai rumah kreasi pengembangan potensi dan inovasi kaum muda.

Survei terbaru LPI 2023 menunjukkan, kaum muda Papua bangga dengan kinerja Kepala BIN, Budi Gunawan.

“Responden yang menilai bangga atau mengapresiasi sebesar 42,34 persen. Sedangkan yang sangat bangga 29,19 persen. Jadi, total di angka 71 persen lebih,” ujar Direktur Eksekutif LPI, Boni Hargens kepada wartawan, Sabtu (15/4).

Boni mengatakan, kepuasan masyarakat merupakan salah satu dari empat indikator yang digunakan LPI untuk merumuskan keragaman pandangan kaum milenial Papua. Tiga indikator lainnya adalah kesesuaian, efektivitas pemanfaatan, dan kontribusi pada perekonomian.

Selain BIN, institusi yang dinilai adalah Kementerian Hukum dan HAM RI, Kementerian Keuangan RI, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI. Mereka turut terlibat dalam program PYCH.

Dari empat institusi tersebut, Kementerian PUPR paling diapresiasi dengan persentase 36,21 persen. Kemudian ada Kementerian Keuangan dengan 29,19 persen, Kemenristekdikti 22,26 persen, dan Kementerian Hukum dan HAM 12.34 persen.

Survei ini dilakukan pada 3 April sampai 9 April 2023. Populasi survei ini adalah para kalangan milenial dari seluruh kabupaten/kota di Papua.

Metodologi survei menggunakan google form, surel, WhatsApp, zoom, dan wawancara tatap muka. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling, di mana responden yang terpilih dari suatu wilayah memiliki kriteria khusus seperti generasi milenial Papua dengan rentang umur 20 sampai 40 tahun.

Berdasarkan teknik sampling tersebut, jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 300 responden. Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar 5 persen dan tingkat kepercayaan kurang lebih 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA