Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selama Setahun, Kemlu Catat Kenaikan 100 Persen Kasus Perdagangan Orang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 05 April 2023, 01:21 WIB
Selama Setahun, Kemlu Catat Kenaikan 100 Persen Kasus Perdagangan Orang
Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia, Judha Nugraha/RMOL
rmol news logo Data Kementerian Luar Negeri (Kemlu) kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang melibatkan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri naik 100 persen dari 2021 ke tahun 2022.

Data tersebut disampaikan Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha.

"Kami mencatat ada lonjakan begitu tinggi dari kasus-kasus TPPO yang dialami WNI sebagai informasi pada tahun 2021 total ada 361 kasus yang melibatkan WNI di luar negeri, tahun 2022 melonjak lebih dari 100 persen menjadi 752 kasus," kata Judha di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (4/4).

Judha menjelaskan, pihaknya khawatir kasus ini adalah puncak gunung es. Artinya, tidak menutup kemungkinan, banyak kasus dan korban WNI di luar negeri yang tidak melapor.

"Selain peningkatan yang begitu tinggi, kita perlu mencermati bahwa angka ini kemungkinan besar hanya puncak gunung es. Artinya masih banyak korban di luar sana yang mungkin tidak dapat melapor," kata Judha.

Untuk itu, Judha meminta semua pihak gencar melakukan sosialisasi kepada para pekerja yang hendak merantau ke luar negeri khususnya ke wilayah timur tengah.

Salah satunya melalui mengecek kembali tawaran pekerjaan tersebut dengan memverifikasi ke dinas pekerjaan di wilayah tersebut.

Pencegahan ini bisa membuat berkurangnya jumlah korban yang terlanjur berangkat dari negara Indonesia ke negara tujuan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA