Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sorot Standar Keamanan Depo Plumpang, Legislator PKS: Objek Vital Nasional Tidak Terjaga dengan Baik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 09 Maret 2023, 16:55 WIB
Sorot Standar Keamanan Depo Plumpang, Legislator PKS: Objek Vital Nasional Tidak Terjaga dengan Baik
Anggota Komisi VII DPR RI, Diah Nurwitasari/Ist
rmol news logo Sebagai sebuah objek vital nasional depo BBM Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara, sudah semestinya memiliki standar keamanan yang maksimal. Sehingga tidak perlu ada insiden kebakaran yang akhirnya merembet ke permukiman warga yang jaraknya memang sangat dekat dengan depo Pertamina Plumpang.

“Ini saya terus terang secara pribadi tidak paham persis standarnya apa namanya, tetapi ini tingkat standar tinggi keamanan," kata anggota Komisi VII DPR RI, Diah Nurwitasari, dalam diskusi Dialektika Demokrasi dengan Tema ”Tragedi Depo Pertamina Plumpang, Apa Solusinya?”, di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (9/3).  

"Karena kalau apapun yang terjadi di situ, dampaknya itu skalanya sangat luas, jadi tidak bisa serampangan,” imbuhnya.

Legislator dari Fraksi PKS ini menambahkan, bukan hanya sisi pembangunan yang memerlukan standar keamanan tinggi. Tapi juga termasuk pengawasan terhadap seluruh infrastruktur. Baik di kilang minyak, maupun jaringan pipa-pipa Pertamina.

“Pengamanannya seperti apa, yang pernah juga terjadi ya kalau enggak salah saat pembangunan KCIC, kegaruk. Ini kan sebuah kecerobohan, siapa yang cerobohnya ya bisa diinvestigasi,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya kecerobohan tersebut, menunjukkan bahwa standar keamanan sejumlah objek vital nasional kurang baik. Kalau tidak bisa dibilang buruk.

“Ini menunjukkan bagaimana sebetulnya objek vital nasional ini tidak terjaga dengan baik, tidak teramankan dengan baik. Objek vital nasionalnya tidak teramankan dengan baik, ini yang perlu kita cermati,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA