Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Duet Airlangga-Puan Bisa Menang dengan Mesin Besar Golkar dan PDIP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 28 Februari 2023, 19:01 WIB
Duet Airlangga-Puan Bisa Menang dengan Mesin Besar Golkar dan PDIP
Airlangga Hartarto dan Puan Maharani/Net
rmol news logo Kans PDI Perjuangan dan Partai Golkar menjalin koalisi pada Pemilu 2024 masih terbuka.

Pengamat politik dari Indeks Politika Indonesia (IPI) Anis Kurniawan mengatakan, baik Golkar dan PDIP bisa menjadi poros baru jika keduanya berkoalisi.

“Saya kira cukup terbuka dan tentu layak diperhitungkan bila terwujud (koalisi Golkar-PDIP),” tutur Anis Kurniawan kepada wartawan, Selasa (28/2).

Anis menilai, kedua partai bisa mengajukan kader mereka untuk berduet di Pilpres 2024, sebagai perwujudan koalisi Golkar-PDIP.

Golkar sudah menyepakati untuk mengusung Ketua Umumnya Airlangga Hartarto. Sementara PDIP, bisa mengusung Puan Maharani sebagai kader internal.

Anis menilai, jika koalisi Golkar-PDIP ini diwujudkan dengan duet Airlangga-Puan atau sebaliknya, koalisi ini berpeluang memenangkan kontestasi Pilpres 2024. Ada sejumlah alasan yang mendasari peluang kemenangan duet Airlangga-Puan.

“Pertama, tentu karena mesin partai dengan basis pemilih yang besar dan mengakar. Kedua, tentu karena pengalaman kontestasi kedua parpol ini terbilang sangat mumpuni dan berpengalaman,” katanya.

Pada sisi lain, dia menyarankan sejumlah strategi untuk bisa menaikkan elektabilitas Airlangga dan Puan yang kini belum cukup baik. Yakni, kedua partai segera merealisasikan koalisi. Kedua partai juga perlu memperkuat narasi politik jika koalisi sudah terbangun.

"Ketiga, memperkuat barisan pemilih muda dan pemilih perempuan di Pemilu 2024,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA