Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Syahganda: Yang Bicara Politik Hukum Keadilan, Pemimpin Muhammadiyah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 25 Februari 2023, 14:14 WIB
Syahganda: Yang Bicara Politik Hukum Keadilan, Pemimpin Muhammadiyah
Direktur Eksekutif Sabang-Merauke Circle, Dr. Syahganda Nainggolan/Net
rmol news logo Karakteristik pemimpin ke depan, khususnya yang akan lahir dari pesta demokrasi tahun 2024, disoroti pula oleh masyarakat yang hidup dalam lingkungan perserikatan Muhammadiyah.

Aktivis senior yang juga Direktur Eksekutif Sabang-Merauke Circle, Dr. Syahganda Nainggolan, menyampaikan satu karakteristik yang dimiliki Muhammadiyah dalam menentukan pemimpin di Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Syahganda berbicara sebagai narasumber dalam dialog politik bertajuk, “Pasang Surut Relasi Muhammadiyah dengan Kekuasaan” yang digelar virtual, pada Sabtu pagi (25/2).

Ia menjelaskan, dirinya yang besar dari lembaga pendidikan tingkat dasar Muhammadiyah pernah diajari gurunya. Yaitu, tentang prinsip kepemimpinan Muhammadiyah.

“Setiap pemimpin yang berbicara tentang politik hukum keadilan dan sejahtera itu pemimpin yang sama dengan pemimpin Muhammadiyah,” ujar Syahganda.

Dalam praktik politik di Indonesia, Syahganda melihat tokoh-tokoh Muhammadiyah memiliki integritas dalam merealisasikan perjuangan perserikatan yang berkeadilan dan mensejahterakan.

“Muhammadiyah sulit diintervensi kekuasaan, bebas disogok kekuasaan. Ini adalah evaluasi. Muhammadiyah didirikan untuk membangun peranan bangsa,” tuturnya.

Maka dari itu, Syahganda menggarisbawahi satu poin yang menjadi perhatian Muhammadiyah dalam menentukan pemimpin bangsa dan negara Indonesia pada Pemilu Serentak 2024 mendatang.

“Jadi menurut saya, kepercayaan ideologis,” demikian Syahganda menambahkan.

Dalam diskusi ini turut hadir Dosen Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI), Profesor Chusnul Mariyah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA