Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Singgung Kesetaraan Gender, Megawati Dinilai Beri Kode Usung Puan pada 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 10 Januari 2023, 18:10 WIB
Singgung Kesetaraan Gender, Megawati Dinilai Beri Kode Usung Puan pada 2024
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri/Ist
rmol news logo Pidato perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PDI Perjuangan  yang disampaikan sang ketua umum, Megawati Soekarnoputri, khususnya terkait dengan kesetaraan gender, dinilai sebagai kode politiknya terkait calon presiden (capres) yang akan diusung pada 2024.

"Salah satu penekanannya, menurut saya, Megawati menjelaskan bahwa perempuan dan laki-laki memiliki kemampuan yang sama memimpin Indonesia," ujar pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Emrus Sihombing, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (10/1).

Ia mengatakan, wacana kesetaraan gender yang diangkat Megawati tersebut secara tidak langsung mengarah kepada satu sosok kader potensial yang bisa memimpin Indonesia dari kalangan perempuan.

"Karena itu, saya memaknai bahwa terbuka sangat lebar bahwa PDIP mengusung perempuan (jadi) pemimpin nasional di periode 2024-2029," tuturnya.

"Salah satu kandidat yang mereka usung bisa saja Puan Maharani," demikian Emrus menambahkan.

Dalam pidato HUT ke-50 PDIP yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa pagi (10/1), Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tak sekadar menyinggung soal kesetaraan gender. Tapi, dia juga menyampaikan pujian kepada putrinya, Puan Maharani, yang berhasil menjadi Ketua Sidang Inter-Parliamentary Union(IU) ke-144 di Nusa Dua, Bali, pada Maret 2022 lalu.

"Mbak Puan, waktu IPU itu susah lho, lebih susah ngaturnya daripada kalau dengan pemerintahan. Ini bukan karena Mbak Puan anak saya, ndak. Susah lho dia bisa jadi Ketua IPU," puji Megawati. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA