Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Amran Ganti Nama Bawang Merah Solok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/febiyana-1'>FEBIYANA</a>
LAPORAN: FEBIYANA
  • Rabu, 28 Desember 2016, 21:49 WIB
Menteri Amran Ganti Nama Bawang Merah Solok
Foto/RMOL
rmol news logo Nama bawang merah Solok diganti menjadi Solok Sumbar oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Menteri Amran beralasan, sebutan Solok hampir sama dengan Solo. Padahal, saat ini Solok tengah membutuhkan nama yang melekat di masyarakat agar komoditas bawangnya terkenal seperti di Pulau Jawa.

"Saya izin kasih ganti nama. Bagaimana kalau namanya kita ganti saja bawang Solok Sumbar. Jangan Solok, orang dikiranya Solo. Bawangnya di Solok, orang carinya di Solo, tahu-tahu bawangnya di sini (Solok). Bikin itu SKnya," ucap Amran di depan petani bawang merah Solok saat menggelar kunjungan menanam dan panen raya bawang merah di Nagari Rimbo Data, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat,  Rabu (28/12).

Kabupaten Solok, terutama Solok Selatan, merupakan sentra produksi bawang merah terbesar di Pulau Sumatera dengan luas lahan mencapai 5.400 hektar dengan produksi 530.000 kuintal per tahun.

Turut hadir menemani Amran Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Bupati Solok Gusmal, Komisi IV DPR Hermanto, Dirjen Dagri Kemendag Oke Nurwan, Tim Pakar Upsus Kementan Sam Herodian, Staf Khusus KASAD Brigjen M Affudin, Staf Khusus Mentan Irwan, Direktur PPHH Sukarman, dan Komite III DPD Nofi Chandra. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA