Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Poltracking: Anies Baswedan Cukup Menjanjikan di Pilkada DKI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/febiyana-1'>FEBIYANA</a>
LAPORAN: FEBIYANA
  • Kamis, 15 September 2016, 17:52 WIB
Survei Poltracking: Anies Baswedan Cukup Menjanjikan di Pilkada DKI
Anies Baswedan/Net
rmol news logo Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan muncul dalam survei bakal calon Gubernur DKI Jakarta dari Poltracking Indonesia. Popularitas, akseptabilitas kemudian elektabilitas Anies cukup menjanjikan jika maju di Pilkada DKI 2017.

Berdasarkan survei Poltracking Indonesia, elektabilitas Anies Baswedan sebagai bakal Cagub DKI Jakarta 8,92 persen. Di bawah petahana Basuki Tjahaja Purnama (40,77 persen), Tri Rismaharini (13,85 persen) dan Sanidaga Uno (9,23 persen).

Popularitas Anies cukup tinggi, yakni berada di peringkat empat dengan 71,79 persen. Posisi puncak ada petahana Basuki Tjahaja Purnama dengan 92,56 persen, Yusuf Mansur di peringkat kedua 79,49 persen dan Tri Rismaharini 72,82 persen.

Sementara akseptabilitas Anies berada di peringkat ke empat dengan 53 persen. Di bawah Basuki Tjahaja Purnama dan Tri Rismaharini 64 persen dan Yusuf Mansyur dengan tingkat penerimaan 63 persen.

"Nama yang mengejutkan dalam temuan survei kami adalah figur Anies Baswedan. Padahal belum ‎melakukan kegiatan politik sama sekali. Namun elektabilitasnya cukup menjanjikan," ungkap Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (15/9).

Menurutnya, Anies Baswedan masuk dalam bursa bakal Cagub DKI Jakarta dari sejumlah parpol antara lain Demokrat dan PPP. Tidak hanya Anies, Yusril Ihza Mahendra juga demikian.

Survei Poltracking Indonesia terkait Pilkada DKI 2017 dilakukan 6-9 September 2016 terhadap 400 responden di Ibu Kota menggunakan metode multi-stage random sampling. ‎Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error 4,95 persen. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA