Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Orang Dekat Egianus Kogoya Ditangkap Tim Gabungan di Nduga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Minggu, 18 Agustus 2024, 00:31 WIB
Orang Dekat Egianus Kogoya Ditangkap Tim Gabungan di Nduga
Rife Kerebea alias Erik alias Trisna Telenggen yang merupakan buronan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sekaligus tangan kanan Egianus Kogoya ditangkap di Nduga, Papua Tengah pada Sabtu dinihari (17/8)/Istimewa
rmol news logo Buronan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang juga tangan kanan Egianus Kogoya, Rife Kerebea alias Erik alias Trisna Telenggen, berhasil ditangkap Tim Gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 
HUT 79 RI
di Nduga, Papua Tengah, pada Sabtu dinihari (17/8). 

“DPO KKB Nduga Rife Kerebea alias Erik Alias Trisna Telenggen, merupakan KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya dan terlibat dalam sejumlah aksi kriminal yang terjadi di Kabupaten Yahukimo dan juga Kabupaten Nduga,” kata Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Brigjen Faizal Ramadhani saat dikonfirmasi, Sabtu (17/8). 

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Bayu Suseno menambahkan, penangkapan ini dilakukan berdasarkan laporan polisi LP/B/47/X/2023/SPKT/POLRES YAHUKIMO/POLDA PAPUA, 16 Oktober 2023, tentang pembunuhan masyarakat pendulang emas di Kali EI, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, serta Daftar Pencarian Orang (DPO) Nomor: DPO/30/XI/2023/Reskrim, 8 November 2023. 

“DPO KKB Nduga Rife Kerebea alias Erick Alias Trisna Telenggen kami tangkap berdasarkan laporan polisi yang telah terbit dan juga daftar pencarian orang (DPO),” terang Bayu. 

Penangkapan ini dilakukan setelah Tim Gabungan TNI-Polri dari Satgas Ops Damai Cartenz-2024 berhasil mengetahui keberadaan Rife di Kabupaten Nduga. 

Dari informasi ini, tim bergerak cepat pada pagi buta dan berhasil menangkap Rife Kerebea serta membawanya ke Posko Ops Damai Cartenz-2024 di Polres Nduga untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Rife Kerebea diduga terlibat dalam beberapa aksi kriminal seperti  pembunuhan masyarakat pendulang emas di Kali EI, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, pada 16 Oktober 2023. 

Lalu pencurian senjata api anggota Brimob di Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya, pada 18 Juni 2022, dengan peran sebagai penghubung antara pelaku dan KKB Egianus Kogoya; rentetan aksi pembunuhan di Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga, pada 16 Juli 2022; hingga penembakan pesawat di Kali Brasa, Kabupaten Yahukimo, pada 16 dan 17 Februari 2024. 

“KKB Nduga Rife Kerebea Alias Erick Alias Trisna Telenggen juga mempunyai peran penting dalam kelompok KKB Kodap III Ndugama yang dipimpin Egianus Kogoya,” ucap Bayu. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA