Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal PC 60 M Buatan Anak Bangsa Siap Jaga Perairan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 13 Juli 2024, 01:56 WIB
Kapal PC 60 M Buatan Anak Bangsa Siap Jaga Perairan Indonesia
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali memimpin acara Shipnaming dan Launching dua Unit Kapal PC 60 Meter di galangan kapal PT. Caputra Mitra Sejati, Banten pada Jumat (12/7)/Ist
rmol news logo Pembangunan Kapal PC 60 meter, merupakan realisasi dari program prioritas pembangunan kekuatan untuk mencapai visi TNI Angkatan Laut 2045 yang modern, berdaya gentar kawasan dan berproyeksi global. 

Pesan itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali saat memimpin acara Shipnaming dan Launching dua Unit Kapal PC 60 Meter di galangan kapal PT. Caputra Mitra Sejati, Banten pada Jumat (12/7). 

Ali menjelaskan bahwa luasnya wilayah perairan Indonesia dan yurisdiksi nasional.

Wilayah perairan Indonesia tidak hanya terdapat kekayaan alam dan potensi maritim yang melimpah, melainkan juga terdapat tantangan dan ancaman maritim yang semakin besar. 

“Ancaman tersebut berevolusi seiring kemajuan teknologi dan kompetisi global guna menguasai sumber daya maritim. Inilah yang membuat meningkatnya dinamika dan kompleksitas tugas TNI AL ke depan,” tegas Ali.

“Untuk mendukung pelaksanaan tugas tersebut, khususnya di bidang keamanan laut, TNI Angkatan Laut terus menambah jumlah armadanya dengan pembangunan kapal-kapal patroli secara bertahap hingga memenuhi jumlah alutsista yang dibutuhkan," tambahnya. 

Kedua kapal tersebut diberi nama KRI Hampala-880 yang nantinya akan ditempatkan di Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XI Merauke dan KRI Lumba-Lumba-881 yang akan ditempatkan di Satrol Lantamal XIII Tarakan, di mana Kapal PC 60 M ini dibutuhkan karena kontijensi di wilayah tersebut, khususnya dalam mengatasi eskalasi mendesak dari kejahatan di laut. 

Sebagai informasi, Kapal PC 60 M merupakan salah satu jenis kapal perang karya putra putri bangsa yang dibangun di Galangan PT. Caputra Mitra Sejati, Banten. 

Kapal tersebut memiliki spesifikasi teknis yaitu panjang 61,20 meter, lebar 8,50 meter, draught 2,20 meter, kecepatan maksimum 24 knots, kecepatan jelajah 17 knots dan menggunakan mesin pendorong pokok 2 unit MTU 20 V 4000 M 73 L (2050 RPM/3600 KW). 

Kapal PC 60 M ini memiliki beberapa keunggulan yaitu diperkuat dengan main gun 1 unit meriam kaliber 40 mm Marlin Ilos dan 2 unit mitraliur kaliber 12,7 mm Pindad dan mampu beroperasi di berbagai medan dan cuaca. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA