Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tinjau IKN, Jenderal Maruli Pastikan Kesiapan Infrastruktur TNI AD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 22 Februari 2024, 03:09 WIB
Tinjau IKN, Jenderal Maruli Pastikan Kesiapan Infrastruktur TNI AD
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Ibukota Nusantara (IKN) di Kecamatan Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (21/2)/Ist
rmol news logo Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak melakukan peninjauan ke lokasi Ibukota Nusantara (IKN) di Kecamatan Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (21/2).

Peninjauan tersebut guna meyakinkan penyiapan infrastruktur TNI AD serta persiapan lainnya terkait pemindahan ibukota berjalan sesuai rencana.

“Hari ini saya melihat langsung, walaupun sebelumnya dulu pernah ke sini juga. Tapi saya harus meyakinkan apa yang sudah direncanakan, sampai dengan kondisi terakhir. Jadi kami sudah melihat, kita sudah rencana, (dan) sudah dibangun Kodim. Rencana nanti akan dibangun Korem lagi, serta Koramil-Koramil, termasuk ada 18 satuan ditempatkan di IKN,” ujar Maruli dalam keterangannya kepada wartawan.
 
“Nanti kami yakinkan rencana untuk mengirimkan alutsista dan personelnya. Kita berharap nanti tanggal 17 Agustus 2024, Angkatan Darat khususnya, kami siap mendukung kegiatan di IKN,“ tambahnya.

Dalam rangkaian peninjauannya, KSAD didampingi sejumlah pejabat TNI AD, serta Forkopimda Kaltim.

Mereka meninjau Titik Nol Nusantara, Sub Detasemen TNI Markas Besar Angkatan Darat (Sub Denmabesad), lokasi pembangunan Istana Negara, Kodim IKN, lokasi wisata alam Glamping IKN, serta Pelabuhan PT. IHM. Kasad pun mengapresiasi progres pembangunan infrastruktur IKN yang diprediksi akan berkembang pesat ke depannya.

KSAD juga menegaskan pentingnya kesiapan pemindahan ibukota sebagai langkah strategis untuk mendukung pembangunan serta pertumbuhan ekonomi yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu, aspek keamanan dan pertahanan sangat penting dalam perencanaan pembangunan ibukota baru.

Selain itu, pemindahan ibukota merupakan bagian dari visi pemerintah untuk menciptakan pusat pemerintahan yang lebih efisien dan efektif. Di samping untuk mengurangi tekanan pada ibukota saat ini, Jakarta, yang didera beragam masalah, diantaranya kemacetan, banjir, dan tingkat polusi yang tinggi.

Sementara itu, terkait rencana pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN, Kasad mengungkap bahwa TNI AD akan mengerahkan 1.500 hingga 2.000 personelnya dalam kegiatan tersebut.

Ada hal yang menarik dalam kunjungan KSAD ke IKN. Jenderal bintang empat ini juga menerima gelar “Kaka Agung Demang Negara” dari Kesultanan Paser YM. Aji Muhammad Jarnawi yang bergelar YM. Sultan Ibrahim Alamsyah 3.

Penganugerahan gelar tersebut ditandai dengan penyematan peci hitam dan syal berwarna merah.

Selain meninjau IKN, KSAD yang didampingi Ketua Umum Persit KCK Ny. Uli Simanjuntak, juga melakukan olah raga bersama dengan keluarga besar Kodam VI/Mulawarman, serta mengunjungi Batalyon Infanteri 600/Modang, dan memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit di sana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA