Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Awak KRI SIM-367 Latihan VBSS di Perairan Teluk Benggala

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 19 Februari 2024, 00:56 WIB
Awak KRI SIM-367 Latihan VBSS di Perairan Teluk Benggala
Latihan Visit Board Search and Seizure (VBSS) dari awak KRI Sultan Iskandar Muda-367 di Perairan Teluk Benggala, Sabtu (17/2)/Ist
rmol news logo Di tengah pelayaran lintas laut (linla) menuju Latihan Bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise (MNE) Milan 2024 yang diselenggarakan di Visakhapatnam, India, Heli Panther AS565 MBE HS-1303 yang on board KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367 melaksanakan prosedur ground run di Perairan Teluk Benggala, Sabtu (17/2).

TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan dua alutsista kebanggaannya yaitu KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan Heli Panther AS565 MBE HS-1303  dalam ajang internasional Latma MNE Milan 2024 yang akan berlangsung pada tanggal 19 sampai dengan 27 Februari 2024 mendatang dan diikuti oleh 47 Friendly Foreign Countries (FFC).

Prosedur ground run merupakan prosedur pengecekan alat navigasi, komunikasi, performance engine serta flight control untuk menjaga kondisi teknis helikopter dan kesiapsiagaan kru heli selama pelayaran jarak jauh.

Selain itu, kru heli selalu melaksanakan perawatan dan pengecekan setiap hari secara rutin, sehingga Heli Panther HS-1303 selalu dalam kondisi prima dalam rangka persiapan mengikuti Latma MNE Milan 2024.

Sementara itu, tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) KRI Sultan Iskandar Muda-367, juga melaksanakan latihan dengan materi Close Quarter Battle (CQB), hallway procedure, dan personnel handling di kapal, dengan disimulasikan KRI Sultan Iskandar Muda-367 sebagai Contact of Interest (COI).

Latihan ini secara langsung dilatihkan oleh prajurit Kopaska yang tergabung dalam Satgas Latma Milan 2024 TNI AL, sehingga output yang dihasilkan akan maksimal, baik dalam segi teknis maupun taktis prosedur VBSS.  

Berbagai latihan telah dilaksanakan untuk mempertahankan kesiapan personel dan alutsista dalam upaya meningkatkan eksistensi TNI AL di kancah dunia, yaitu dengan berpartisipasi aktif dalam Latma MNE Milan 2024.

Direncanakan Heli Panther HS-1303 akan mengikuti serial latihan Helly Cross Deck dan VBSS pada latihan bersama di kancah internasional tersebut.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah menjalankan misi perdamaian, kemanusiaan, serta latihan berskala internasional untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan.

Selain itu turut menjaga nama baik TNI, khususnya TNI AL, bangsa, dan negara agar tetap harum di mata dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA