Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Abrasi, TNI AL Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Tolitoli

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Jumat, 19 Januari 2024, 16:39 WIB
Cegah Abrasi, TNI AL Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Tolitoli
Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Alpirut Yani Musa Samban menanam mangrove di Desa Ginunggung (Kota Nibangun), Galang, Tolitoli, Sulawesi Tengah, Kamis (18/1)/Ist
rmol news logo Pangkalan TNI AL (Lanal) Tolitoli bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat sekitar melaksanakan penanaman ribuan bibit mangrove di Desa Ginunggung (Kota Nibangun), Galang, Tolitoli, Sulawesi Tengah, Kamis (18/1).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Lanal Tolitoli ke-16 dan Hari Dharma Samudera 2024 ini.

Selain melaksanakan penanaman 2.500 bibit mangrove, Lanal Tolitoli yang dipimpin oleh Komandan Lanal (Danlanal)Tolitoli Letkol Laut (P) Alpirut Yani Musa Samban dan dihadiri Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya serta instansi terkait ini juga melepas Penyu ke laut.

Prosesi pelepasan 4 ekor penyu ke laut ini merupakan penyu-penyu yang tersangkut di jaring nelayan. Hal ini dilaksanakan sebagai edukasi utamanya generasi muda akan pentingnya menjaga kelestarian alam dan biota laut. Rusaknya lingkungan dan biota laut tentunya akan membawa dampak nyata bagi kehidupan manusia kedepannya.

Danlanal Tolitoli menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah konkret Lanal Tolitoli dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, utamanya kelestarian populasi penyu dan mencegah terjadinya bahaya abrasi yang mengancam pesisir pantai.

“Hilang dan rusaknya kawasan mangrove membawa dampak nyata yang mengancam area tambak, perkebunan dan pemukiman warga karena pengikisan akibat gelombang pasang", ujar Letkol Laut (P) Alpirut Yani Musa Samban dalam keterangannya, Jumat (19/1).

Bupati Tolitoli sangat mengapresiasi atas kepedulian TNI AL dan semua pihak dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan biota laut. Hal ini penting untuk terus dilakukan  sehingga apa yang telah ditanam dapat dijaga dan dirawat bersama baik untuk generasi saat ini maupun generasi yang akan datang.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali sangat mengapresiasi kepedulian Lanal Tolitoli sebab di berbagai kesempatan prajurit TNI AL untuk selalu berperan aktif secara profesional dalam setiap kesempatan sebagai salah satu perwujudan tugas TNI AL, sehingga keberadaan prajurit TNI AL dapat bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA