Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Harnus 2023, Satgas Gelar Bersih Pantai dan Tanam Mangrove

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 12 Desember 2023, 15:28 WIB
Jelang Harnus 2023, Satgas Gelar Bersih Pantai dan Tanam Mangrove
Penanaman 1.000 bibit pohon Mangrove dalam rangka Hari Nusantara Tahun 2023 yang diselenggarakan di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Kelurahan Dowora, Tidore, Sulawesi Utara/Ist
rmol news logo TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Satuan Tugas Hari Nusantara (Satgas Harnus) Komando Armada (Koarmada) III bersama-sama dengan Masyarakat Tidore laksanakan kegiatan Bakti Sosial bersih-bersih pantai dan penanaman 1.000 bibit pohon Mangrove dalam rangka Hari Nusantara Tahun 2023 yang diselenggarakan di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Kelurahan Dowora, Tidore, Sulawesi Utara, beberapa waktu.

Kegiatan yang prakarsai oleh TNI AL dan diikuti oleh TNI-Polri, Pemda Tidore, siswa siswi Pramuka Kwarcab Tidore serta seluruh elemen Tidore ini, diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan doa, laporan ketua panitia, sambutan Dansatgas, sambutan Walikota Tidore dan dilanjutkan dengan pelaksanaan bersih-bersih pantai dan menanam bibit pohon Mangrove di sepanjang pantai di Kelurahan Dowora Tidore.

Komandan Satgas Harnus 2023 Kolonel Laut (P) Hananto Dwi Prasetyo menyampaikan bahwa bersih-bersih pantai dan tanam Mangrove ini merupakan salah satu rangkaian dari acara peringatan Hari Nusantara yang dilaksanakan di Tidore. Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar  dapat menjaga keberlangsungan ekosistem di laut.

“Nantinya dengan adanya hutan Mangrove dan pantai yang bersih dapat mencegah abrasi dan bencana serta pengelolaan yang baik selain bisa menjadi kawasan wisata juga membantu perekonomian warga sekitar dengan memanfaatkan Mangrove sebagai olahan yang bernilai ekonomi,"jelas Komandan Satgas Harnus 2023 dalam keterangannya, Selasa (12/12).

Di tempat terpisah, Satgas Hari Nusantara 2023 juga melaksanakan doa bersama dalam rangka kelancaran dalam pelaksanaan puncak acara Hari Nusantara pada tanggal 13 Desember 2023 mendatang.

Kegiatan dipimpin oleh Waasops Kasal Laksamana Pertama TNI Ariyantyo Condro Wibowo, M.Tr. (Opsla) didampingi oleh para perwira Satgas dan anggora Satgas Harnus 2023 di Gedung Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Kota Tidore.
 
Kegiatan tersebut sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali bahwa TNI AL harus senantiasa siap siaga, salah satunya dalam memberikan bantuan sosial sebagai bentuk kontribusi gerak cepat dan kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA