Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Momentum Idulfitri, TNI AL Angkut Ratusan Pemudik dengan Kapal Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Selasa, 18 April 2023, 15:15 WIB
Momentum Idulfitri, TNI AL Angkut Ratusan Pemudik dengan Kapal Perang
Sebanyak 861 pemudik berangkat menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banjarmasin-592/Ist
rmol news logo Sebanyak 861 pemudik berangkat menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banjarmasin-592 dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menuju Semarang, Jawa Tengah dan Surabaya, Jawa Timur.

Mereka yang berangkat merupakan peserta Program Mudik Gratis tahun 2023 dari TNI Angkatan Laut.  

"Tadi kami sudah meninjau bagaimana pelaksanaan Mudik Gratis tahun 2023 yang menggunakan KRI Banjarmasin-592 di Kolinlamil. Dilaporkan ada 861 pemudik yang mana 52 diantaranya usia Balita," ujar Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di Kolinlamil, Tanjung Priok, Selasa (18/4).

Lanjut Ali, program ini merupakan upaya membantu pemerintah dalam mengurangi angka kecelakaan saat momentum Peringatan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Untuk itu bukan hanya pemudik, KRI ini pun turut mengangkut sebanyak 260 unit sepeda motor. 

"Program ini dalam rangka membantu pemerintah mengurangi angka kecelakaan sepeda motor. Motor pemudik diparkirkan di dalam kapal, sedangkan pemudik bisa beristirahat," kata Ali.

Menurut jadwal, KRI Banjarmasin-592 akan tiba di Pelabuhan Semarang, Jawa Tengah pada keesokan hari, yakni Rabu (19/4) dan Pelabuhan Surabaya pada lusa hari, Kamis (20/4). 

Sedangkan arus balik menuju Jakarta dijadwalkan dari Pelabuhan Surabaya, Jawa Timur pada Selasa (25/4) dan Pelabuhan Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (26/4) mendatang. 

"Untuk konsumsi pemudik selama berada di dalam KRI Banjarmasin-592 disediakan atas bantuan Baznas dan keamanan dari POM AL. Begitu pun tenaga kesehatan disediakan bagi pemudik yang sakit," tutup Ali.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA