Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gugur Diserang KST Papua, Jenazah Pratu Miftahul Arifin Belum Dievakuasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 16 April 2023, 17:32 WIB
Gugur Diserang KST Papua, Jenazah Pratu Miftahul Arifin Belum Dievakuasi
Pratu Miftahul Arifin/Net
rmol news logo Kabar duka menyelimuti Tentara Nasional Indonesia (TNI). Salah satu prajurit terbaiknya Pratu Miftahul Arifin gugur tertembak dan jatuh ke jurang sedalam 15 meter akibat diserang Kelompok Separatis Terorisme (KST).

Penembakan dari gerombolan KST ini dilakukan di wilayah Mugi-Mam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan pada Sabtu (15/4) pukul 16.30 WIT.

Anggota Yonif Raider 321/Galuh Taruna (Yonif R 321/GT) yang bertugas melakukan Operasi SAR pilot Susi Air ini hingga sekarang belum dievakuasi.

"Untuk sementara (jenazah) masih berada di lokasi," kata Kepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen TNI) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Julius Widjojono di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (16/4).

Menurut Julius, evakuasi mengalami kesulitan karena faktor cuaca. Wilayah Nduga memang dikenal dengan cuaca yang ekstrem yang begitu cepat berubah sehingga komunikasi kerap mengalami gangguan karena faktor cuaca hujan dan berkabut.

"Yang paling menyulitkan dalam operasi ini adalah cuaca. Kondisi pilot juga sudah diketahui areanya. Operasinya sudah semakin mengerucut dan terfokus," jelasnya.

"Jadi cuaca ini sangat tidak menentu di Papua. Kemarin kami mencoba untuk berkomunikasi melalui saluran radio juga masih terhambat," jelas Kapuspen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA