Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prajurit TNI Cari Sumber-Sumber Air Bersih Di Petobo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Minggu, 21 Oktober 2018, 12:57 WIB
Prajurit TNI Cari Sumber-Sumber Air Bersih Di Petobo
Prajurit TNI/Net
rmol news logo Prajurit TNI terus membantu korban gempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Donggala, dan wilayah lain di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Pada hari ini, Minggu (21/10), sebanyak 14 prajurit TNI dari Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 17/AD, yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) mencari sumber air bersih bagi warga yang mengungsi di Petobo, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Lettu Czi M. Devi Yunus yang memimpin pasukan ini menjelaskan bahwa pencarian titik air dilakukan dengan menggunakan alat yang dinamakan dengan Geo Listrik.

“Setelah titik mata air ditemukan, selanjutnya digunakan alat berat water drilling Dando buatan negara Inggris untuk melakukan pengeboran sampai ke titik yang sudah terdeteksi oleh Geo Listrik sampai kedalaman 100 meter di bawah permukaan tanah,” urainya.
 
Devi Yunus mengakui bahwa pengeboran yang dilakukan tidak sebentar. Sebab, tidak jarang di titik yang ditemukan berada di tanah yang bercampur bebatuan, sehingga memerlukan waktu untuk menghancurkan bebatuan tersebut.
 
“Kendala yang kita hadapi di Petobo ini adalah titik air yang sudah kita temukan merupakan tanah bebatuan, sedangkan kita membutuhkan banyak air bersih untuk sirkulasi mesin water drilling supaya tidak terjadi penyumbatan pada selang air,” jelasnya.
 
Lebih lanjut, dia berharap masyarakat yang mengungsi  bisa menjaga dan memanfaatkan dengan baik titik-titik air yang sudah ditemukan. Ini lantaran di daerah Petobo mencari sumber air bersih terbilang tidak mudah. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA