Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BOM SURABAYA

Nuning: Tidak Benar Kalau Hanya BIN Yang Disalahkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Minggu, 13 Mei 2018, 18:46 WIB
Nuning: Tidak Benar Kalau Hanya BIN Yang Disalahkan
rmol news logo Serangan bom atas tiga gereja di Surabaya pagi tadi merupakan buah dari kesalahan bersama seluruh aparat keamanan di Indonesia.

Karena itu tidak tepat bila masyarakat hanya mengkritik kinerja Badan Intelijen Negara (BIN) yang dianggap "kecolongan".

"Itu tidak benar kalau hanya BIN yang dipersalahkan dan harus bertanggung jawab," tegas analis militer dan intelijen, Susaningtyas NH Kertapati, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (13/5).

Mantan anggota Komisi I DPR ini menyatakan, soal keamanan negara adalah wilayah kerja banyak instansi. Masing-masing memiliki unit intelijen tersendiri.

"Untuk keamanan ada Polri, juga punya intelkam dan intel Densus, serta ada TNI yang memiliki BAIS," terang perempuan yang biasa disapa Nuning itu.

Nuning berharap seluruh instansi keamanan bisa bekerja sama dengan baik untuk menciptakan early warning system, agar serangan-serangan teroris tidak lolos lagi di waktu mendatang.

"Jadi, yang harus dikerjakan adalah koordinasi dan sinergitas untuk kewaspadaan sebelum peristiwa," jelasnya.

Dia akui, tragedi Bom Surabaya menjadi pelajaran penting yang membuktikan sinergitas antar instansi intelijen belum berlangsung dengan baik. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA