Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penerjun Kopassus Juara Tiga Asiania 2017

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Selasa, 28 November 2017, 17:45 WIB
Penerjun Kopassus Juara Tiga Asiania 2017
rmol news logo Sebanyak enam penerjun Komando Pasukan Khusus (Kopassus) meraih prestasi membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Di bawah pimpinan Kapten Inf  Petrus Paramayudho Prabowo, tim menjuarai nomor kerjasama di udara (formation skydive) dan berada di peringkat ke-3 dalam ajang kejuaraan terjun payung Asiania 2017 di Jian, China Senin (27/11).

Negara Qatar keluar sebagai pemenang pertama, disusul negara China selaku tuan rumah, dalam ajang terjun payung yang diikuti oleh kontingen dari 22 negara.

Kejuaraan terjun payung Asiania yang berlangsung sejak 18 November dan ditutup kemarin (27/11) bertajuk Asiania Parachuting Championship and China Open Parachuting Championship 2017.

Kontingen Kopassus terwadahi dalam suatu organisasi induk yaitu Persatuan Terjun Payung Angkatan Darat (PTPAD). Enam penerjun Kopassus tersebut adalah Kapten Inf Petrus Paramayudho Prabowo, Serka Kholik, Serka Yudha JT, Serka Tedi M. Romdhon, Sertu Bram Sukisno dan Serda Cecep K.

Prestasi ini sangat membanggakan karena Indonesia mampu mengalahkan rival-rivalnya dari Rusia, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Australia, Rumania, Bulgaria, Korea Utara, Kanada dan negara Asia Pasifik lainnya dengan kendala cuaca yang cukup menantang dalam kerjasama di udara.

Prestasi sebagai juara umum dalam terjun payung pernah diraih oleh kontingen PTPAD di bawah pimpinan Mayor Inf Frangki Susanto dalam "The Trengganu Challenge Parachuting Championship and Malaysian Armed Forces Parachuting Championship Closed 2015" di Malaysia, dengan perolehan medali 4 emas, 1 perak dan 1 perunggu, dari 6 emas, 6 perak dan 6 perunggu medali yang diperebutkan.

Dalam kejuaraan terjun payung militer dunia yang bertajuk Conseil International Du Sport Military (CISM) World Military Parachuting Championship tahun 2013 di China, penerjun Kopassus bercokol di peringkat ke-5 dari 42 negara dengan perolehan medali perunggu.

Dalam pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Sertu Tedi M. Romdhon berhasil terjun dengan membawa bendera Merah Putih berukuran besar (22,25 meter x 33,25 meter) di atas langit Lapangan Suparlan Pusdiklatpassus Kopassus Batujajar pada tahun 2016.

Terakhir, saat perayaan HUT ke-72 TNI di Pantai Indah Kiat-Banten, enam penerjun Kopassus dipimpin Serka Kholik juga berhasil memecahkan rekor MURI lewat aksi terjun tandem dengan satwa anjing. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA