Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Pengarahan Terakhir Letjen TNI Hinsa Siburian Kepada Prajurit Kopassus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Rabu, 01 November 2017, 19:54 WIB
Ini Pengarahan Terakhir Letjen TNI Hinsa Siburian Kepada Prajurit Kopassus
Letjen TNI Hinsa Siburian menerima kenang-kenangan
rmol news logo Sebelum melepaskan jabatannya karena memasuki masa pensiun, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI Hinsa Siburian, melaksanakan kunjungan kerja terakhir ke Markas Satuan Sat-81 Kopassus, Cijantung.

Hinsa memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit Satuan 81 Kopassus, Grup-3 dan Makodenma Kopassus di Gedung Halilintar, Selasa (31/10).

Dia disambut Wadanjen Kopassus, Brigjen TNI Richard TH Tampubolon, dan para pejabat Kopassus baik Ir. Kopassus, Pamen Ahli Danjen Kopassus, para Asisten Danjen Kopassus, Dansat 81 beserta Danyon 811 dan Danyon 812, Dangrup 3, Dangrup-1 Kopassus, maupun para Kabalak Kopassus. Danjen Kopassus tidak bisa hadir karena sedang melaksanakan tugas pendidikan ke luar negeri.

Dalam pidatonya, Wadanjen Richard mengucapkan terima kasih atas perhatian Wakasad terhadap Kopassus, pada saat rapat-rapat di Mabesad baik mulai dari penugasan, Alutsista maupun Doktrin Kartika Eka Paksi.

"Pasukan Khusus yang memiliki fungsi teknis hanyalah Komando Pasukan Khusus. Ini yang menjadi penyemangat prajurit Kopassus, untuk itu kita harus menjaga kehormatan Kopassus dengan terus belajar dan berlatih," tegas Wadanjen.

Richard melanjutkan, pembelajaran yang penting dari kunjungan ini adalah tali silaturahmi sebagai prajurit Kopassus itu tidak bisa digantikan oleh apapun.

"Di sini kita dilahirkan, berkarir dan semoga banyak lagi Perwira-Perwira Kopassus yang dapat mengikuti kecemerlangan Bapak sebagai Wakasad. Bapak Wakasad adalah kebanggaan kami, keteladanan kami," ucap Richard.
 
Dalam pengarahannya, setelah mengajak para juniornya untuk terus mendekatkan diri pada Tuhan, Letjen Hinsa menjelaskan bahwa kehadirannya di Markas Satuan Sat-81 Kopassus bermaksud untuk menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada Kopassus yang membina dan membesarkannya hingga sampai di ujung masa dinas.

"Saya 13 tahun di satuan ini, secara umum di Kopassus selama 17 tahun. Banyak kenangan saya. Jiwa dan semangat Komando itu memang harus selalu kita aplikasikan dalam hidup dan kehidupan kita entah di manapun satuanmu," tegas mantan Pangdam Cenderawasih itu.

Ia tegaskan, prajurit Komando dibentuk untuk tabah, tahan, ulet dalam menghadapi apapun. Itu pula yang membedakan prajurit Komando dengan yang bukan prajurit Komando, dan harus dijaga karena menjadi kehormatan tersendiri.

Setelah pengarahan, Wakasad menerima kenang-kenangan berupa cinderamata dari Dansat 81 Kopassus, Kolonel Inf Murbianto, dan Danyon 811, Letkol Inf Nashrul.

Di akhir kunjungannya Wakasad menerima jajar kehormatan sebelum meninggalkan Satuan Markas Kopassus, untuk selanjutnya mengikuti Serah Terima Jabatan Wakasad pada siang harinya di Markas Besar Angkatan Darat. Letjen Hinsa digantikan oleh Mayjen TNI Tatang Sulaiman yang sebelumnya menjabat Pangdam IV Diponegoro. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA