Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wiranto: Kejahatan Dunia Maya Sama Seperti Kejahatan Terorisme

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 19 Oktober 2017, 16:35 WIB
Wiranto: Kejahatan Dunia Maya Sama Seperti Kejahatan Terorisme
Wiranto/net
rmol news logo Ancaman yang dihadapi oleh negara-negara di dunia saat ini bukan lagi dari kekuatan militer melainkan melalui serangan cyber.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto saat diskusi "capaian 3 tahun pemerintah Jokowi-JK: negara hadir mewujudkan rasa aman melalui perwujudan stabilitas politik dan keamanan, keadilan hukum dan pemajuan kebudayaan" di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/10).

"Mungkin menyerang boleh, namun untuk menduduki satu negara itu menghabiskan energi. Maka sangat tidak mungkin negara menggunakan kekuatan militernya untuk menduduki negara lainnya, pasti akan dikutuk oleh seluruh dunia," katanya.

Wiranto mengakui jika ancaman cyber yang tengah dihadapi Indonesia cukup mengkhawatirkan. Indonesia kata dia, sering kali diundang dalam rangka melakukan koordinasi baik melalui pertemuan-pertemuan bilateral ataupun multilateral demi mengantisipasi ancaman cyber.

Itu pula yang menjadi landasan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat pembentukan Badan Cyber Nasional yang diikuti oleh Polri dengan membentuk Direktorat Cyber.

"Kejahatan dunia maya atau cyber sama seperti tindak kejahatan terorisme. Tidak kenal batas negara dan sulit terdeteksi yang tidak tunduk pada negara manapun," demikian Wiranto.[san]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA