Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menhan Yakin KRI Nagapasa-403 Perkuat Pertahanan Laut Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 02 Agustus 2017, 14:22 WIB
Menhan Yakin KRI Nagapasa-403 Perkuat Pertahanan Laut Indonesia
KRI Nagapasa-403/Net
rmol news logo Kapal selam Hull No 7712 bernama KRI Nagapasa-403 resmi masuk dalam jajaran kapal perang angkatan laut Indonesia. Peresmian itu dilakukan langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu di dermaga galangan kapal DSME, Okpo, Geoje, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan, Rabu (2/8).

Menhan yakin keberadaan KRI Nagapasa-403 dapat meningkatkan kemampuan pertahanan TNI di perairan Indonesia.

"KRI Nagapasa harus disambut baik dan jadi momentum kekuatan pertahanan negara di laut," ujar Ryamizard.

Kapal selam ini merupakan salah satu dari tiga kapal selam yang dipesan dari Korea Selatan. Pembangunan kapal ini turut menyertakan aspek transfer teknologi (transfer of technology). Proses pembangunan yang berada di bawah kendali pengawasan Satuan Tugas Proyek Pengadaan Kapal Selam (Satgas Yekda KDSE DSME209), yang dipimpin Laksma TNI Iwan Isnurwanto, membangun kapal ini dengan mengembangkan kapal selam tipe Chang Bogo Class milik Republic of Korean Navy (ROK Navy) dan kapal selam tipe Cakra yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut.

Adapun kapal selam ini memiliki panjang 61,3 meter dan mampu bergerak dengan kecepatan 21 knot di bawah air. Sebanyak 40 kru bisa diangkut dalam kapal. Selain itu kapal selam tersebut juga memiliki ketahanan berlayar lebih dari 50 hari dan dilengkapi senjata torpedo.

Dalam peresmian ini, Ryamizard didampingi oleh istrinya, Nora Ryamizard, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi, dan CEO DSME (Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering) Jung Sung-lip. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA