Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Operasinya Tersembunyi, Wiranto: Masyarakat Lebih Dulu Tahu Perilaku Lone Wolf

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 04 Juli 2017, 20:09 WIB
Operasinya Tersembunyi, Wiranto: Masyarakat Lebih Dulu Tahu Perilaku Lone Wolf
Wiranto/net
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto membeberkan ciri-ciri teroris yang beraksi seorang diri atau lone wolf.

Pelaku teror lone wolf tersebut kata Wiranto memiliki perilaku khusus dan tidak seperti rakyat biasa, Wiranto pun mengatakan jika mereka melakukan kegiatannya pada malam hari.

"Masayrakat kita harus tahu kalau perilaku mereka tidak biasa. Gerakan pada malam malam hari, juga diam-diam, dilakukan secara tersembunyi dan mereka tidak suka terekspos," kata Wiranto kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (4/7).

Mantan panglima ABRI era Suharto itu menambahkan lone wolf juga gemar merakit bom dan kerap melakukan pertemuan-pertemuan yang mencurigakan.

"Mereka itu berada di lingkungan masyarakat. Tentunya masyarakat itu sendiri yang paling duluan tahu kalau ada perilaku orang-orang yang diduga teroris," tegas Wiranto.

Atas dasar itu Wiranto pun menekankan jika Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di daerah tempat tinggal masing-masing harus betul-betul dioptimalkan. Siskamling yang diorganisasi masyarakat itu kata Wiranto nantinya akan terkoneksi dengan aparat keamanan baik kepolisian atau TNI.

"Aparat dengan masyarakat kemudian bersama mengawasi lingkungannya dari perilaku-perilaku masyarakat yang tidak wajar, yang boleh jadi merupakan orang-orang yang bergerak dalam rangka melaksanakan aksi teror. Itu penting sekali karena wilayah kita sangat luas," demikian Wiranto.[san]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA