Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri: Pengamanan Arus Balik dan Mudik Relatif Lancar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 03 Juli 2017, 12:41 WIB
Kapolri: Pengamanan Arus Balik dan Mudik Relatif Lancar
Tito Karnavian/RMOL
rmol news logo Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyatakan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini sudah melalui proses perencanaan matang sehingga bisa terlaksana dengan baik.

"Pengamanan arus balik dan mudik, relatif lancar. Tidak banyak permasalahan berarti. Baik ke arah barat menuju ke Sumatera maupun ke arah Jawa Tengah, Jawa Timur," ujar Tito di kantornya, Jakarta, Senin (3/7).

Meski demikian, Tito mengatakan tetap terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan. Namun, hal itu tidak menjadi persoalan serius karena dapat diantisipasi petugas.

Termasuk perkiraan kepadatan arus balik di Cipali, Cikampek, Nagrek, dan Gentong. Meski terjadi kepadatan, namun relatif berjalan.

"Memang ada kepadatan, tapi tidak ada stuck apalagi berjam-jam," terang alumni Akpol 1987 itu.

Tito juga mengapresiasi sejumlah pihak terkait. Mulai dari jajaran Polri, Kemenhub, TNI, Kementerian PUPR, hingga Presiden RI Joko Widodo.

"Saya ingin ucapkan terimakasih pada seluruh jajaran, rekan-rekan, kolega, instansi pemerintah, dan masyarakat," tuturnya.

Salah satunya, terkait langkah pemerintah yang telah membangun jalur 110 kilometer dari Brebes ke Gringsing. Karena cukup efektif mengurai kemacetan.

"(Jalur) itu sangat menolong untuk mengurai arus. Demikian juga pembangunan empat flyover dari Brebes ke arah Selatan, itu bisa melancarkan arus yang selama ini terganggu lintasan kereta api," paparnya.

Sebelumnya, Indonesian Traffic Watch (ITW) memberikan rapor merah terhadap kinerja Korps Lalulintas (Korlantas) Polri.

Khususnya, terhadap upaya yang tidak maksimal dalam mengurai kemacetan jelang maupun momentum arus mudik dna arus balik Lebaran 2017.

"Yang belum maksimal tahun ini soal rekaya lalu lintas," kata Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan.

Menurut Edison, kemacetan tetap terjadi dan cukup signifikan di jalan tol dibandingkan di jalan umum.

Padahal, sejumlah infrastruktur telah dibangun untuk dijadikan akses alternatif dalam mengurai kemacetan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijirah.

"Jadi, secanggih apapun infrastruktur yang dibangun kalau tidak dibarengi dengan tertib lalin dan tertib petugas melakukan rekayasa, bisa saja infrastruktur menjadi masalah," paparnya.

Selain itu Korlantas Polri juga dinilai kurang intens melakukan sosialisasi terkait tertib lalin. Baik menjelang maupun momentum arus mudik Lebaran 2017.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA