Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penjualan Mobil Listrik BYD Pecah Rekor, Ternyata Ini Rahasianya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 03 Juli 2024, 16:56 WIB
Penjualan Mobil Listrik BYD Pecah Rekor, Ternyata Ini Rahasianya
EV BYD/Net
rmol news logo Angka penjualan mobil listrik buatan produsen asal Tiongkok, BYD, berhasil menembus 341.658 unit pada Juni 2024.

Kenaikan yang mencakup kendaraan hybrid plug-in dan kendaraan listrik murni ini sekaligus memecahkan rekor penjualan bulanan perusahaan tersebut, di mana BYD pada Desember tahun lalu berhasil menjual 341.043 kendaraan.

Peningkatan angka penjualan ini tidak lepas dari strategi diskon yang diberlakukan BYD terhadap sejumlah model populer seperti Seagull, Atto 3, Dolphin, dan Seal.

Seagull, EV BYD yang paling terjangkau, mulai dijual dengan harga yang sangat rendah yaitu 9.000 (Rp157 juta) di Tiongkok, sehingga mobilitas listrik dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas. Namun, harga ini tidak bisa dinikmati pembeli di luar negeri yang harus membayar 19.000 euro untuk model yang sama.

Penjualan kendaraan listrik perusahaan juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 13 persen dibandingkan dengan Juni tahun lalu, mencapai 145.179 unit.

Angka yang mengesankan ini berkontribusi terhadap total penjualan kendaraan listrik BYD sebanyak 726.153 unit pada paruh pertama tahun 2024, peningkatan substansial sebesar 18 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023.

Sukses di pasar lokal tidak membuat BYD puas, perusahaan ini juga membidik pasar global.

Dikutip dari Arena EV, Rabu (3/7), BYD baru-baru ini meluncurkan model EV ketiganya di Jepang, Seal EV, dengan harga 5,28 juta yen (sekitar Rp542 juta). Seal, yang menyaingi Tesla Model 3, juga diharapkan akan hadir di Korea Selatan akhir tahun ini dan sudah dijual di beberapa pasar Eropa.

Ambisi BYD juga tidak hanya terbatas pada kendaraan listrik yang terjangkau.

Perusahaan ini merambah ke segmen mewah dengan model seperti mobil super listrik Yangwang U9, mobil bertenaga +1.200 tenaga kuda yang dirancang untuk bersaing dengan merek mobil kelas atas.

Selain itu, BYD memasuki pasar SUV ukuran menengah dengan Sea Lion 07, yang lebih murah dari Tesla Model Y di Tiongkok dengan harga awal RMB 189.800 (Rp430 juta). rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA