Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Akan Didorong Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Futsal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 21 Oktober 2024, 18:49 WIB
Indonesia Akan Didorong Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Futsal
Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI), Michael Sianipar, berbincang dengan Menpora Dito Ariotedjo/Dok Kemenpora
rmol news logo Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora) memberi dukungan penuh dalam peningkatan prestasi olahraga futsal di Tanah Air. Salah satunya dengan mendorong Federasi Futsal Indonesia (FFI) bisa membawa Indonesia menjadi tuan rumah event futsal tingkat regional dan dunia.

Hal ini disampaikan Menpora Dito Ariotedjo saat melepas keberangkatan Tim Futsal U-16 Indonesia untuk bertanding di Kejuaraan Futsal AFF di Thailand, di Media Center Graha Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3, Senayan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2024. 

Pada kesempatan itu Menpora menerima laporan dari Ketua Umum (Ketum) FFI, Michael Sianipar, perihal progres Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan futsal Asia. Di mana Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Futsal Putri AFC pada 2025.

“Saya sangat senang dan sepakat bahwa ke depan FFI harus menggaet event tingkat regional dan dunia bisa dibawa ke Indonesia,” ucap Menpora Dito.

Menurut Dito, pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan-kejuaraan futsal tingkat regional maupun dunia sejalan upaya Pemerintah melalui Kemenpora dalam menyiapkan roadmap untuk olahraga futsal. Dalam upaya membawa Timnas Futsal Indonesia meraih peringkat dunia yang lebih tinggi.

Lanjut Dito, Pemerintah berkomitmen terus mendukung perkembangan olahraga futsal. Salah satunya adalah dengan penambahan anggaran melalui PSSI untuk FFI.

“Kami melalui PSSI sudah memberikan dana tambahan, yang salah satunya akan dialirkan juga untuk futsal,” sebut Menpora.

Dukungan Kemenpora lainnya yaitu dalam penyelenggaraan Kejuaraan Futsal Piala Menpora. Kejuaraan ini diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia mulai dari Sumatra hingga Papua. 

“Jadi kolaborasi dukungan seperti ini yang sangat kita nantikan. Ke depan dengan adanya hubungan yang lebih harmonis dan juga kolaborasi yang positif, saya yakin futsal Indonesia akan lebih maju,” kata Dito.

Sementara itu Ketum FFI Michael Sianipar menyatakan, Indonesia punya potensi besar menjadi tuan rumah berbagai kompetisi futsal dunia. Berkaca dari Thailand, pengalaman Indonesia menjadi tuan rumah ini menurut Michael bisa ikut meningkatkan prestasi futsal nasional.

“Kalau kita lihat Thailand itu maju futsalnya karena sering menjadi tuan rumah dan mereka diunggulkan sebagai tuan rumah. Jadi ke depan kami menargetkan kompetisi-kompetisi AFF atau bahkan level Asia dan juga dunia akan kami tarik ke Indonesia,” beber Michael.

Ditambahkan Michael, saat ini FFI dengan dukungan PSSI sedang melakukan bidding untuk menjadi tuan rumah Kompetisi Futsal Putra AFC pada 2026.

“Saya dengar kabar dari AFC prosesnya cukup baik. Karena itu kami optimistis Indonesia bisa menjadi tuan rumah untuk Kompetisi Futsal Putra AFC 2026. Dan harapan kami ke depan Indonesia bisa menjadi tuan rumah untuk piala dunia,” tandas Michael. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA