Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Asupan Protein Ikan Pegang Peran Penting Gizi Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 28 Oktober 2024, 05:15 WIB
Asupan Protein Ikan Pegang Peran Penting Gizi Rakyat
Dok Foto/Ist
rmol news logo Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membagikan 10 ton ikan sehat bermutu kepada masyarakat hingga pelajar pada rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pembagian ikan sehat bermutu dilakukan sebagai sarana literasi bagi masyarakat, guna mendorong peningkatan angka konsumsi protein, mendukung sistem ketahanan pangan nasional dari produk perikanan, serta meningkatkan serapan tangkapan nelayan. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KKP Rudy Heriyanto Adi Nugroho melepas langsung dua truk berpendingin yang membawa 10 ton ikan di halaman Gedung Mina Bahari IV. Dia turut menyerahkan secara simbolis paket bantuan ikan kepada perwakilan penerima. 

“Makna kegiatan ini sebagai bagian dari kampanye meningkatkan konsumsi protein ikan sebagai wujud ketahanan pangan nasional, sekaligus mendukung gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), serta mendorong masyarakat untuk mengonsumsi ikan yang kaya protein dan manfaat,” ujar Rudy dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin, 28 Oktober 2024.

Paket ikan dibagikan kepada warga sekitaran gedung KKP, yayasan panti asuhan, panti jompo, sekolah, hingga pondok pesantren. Ikan yang dibagikan merupakan jenis ikan layang hasil tangkapan para nelayan.

Rudy menambahkan, KKP akan terus berupaya meningkatkan angka konsumsi protein, khususnya yang bersumber dari ikan di tengah masyarakat. KKP, sambungnya, juga mendukung penuh program makan bergizi gratis yang dicanangkan pemerintah, melalui produk-produk perikanan berkualitas.  

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT KKP ke-25. Jika menilik sedikit ke belakang, sudah banyak upaya yang dilakukan KKP dalam menjaga sektor kelautan dan perikanan Indonesia, yang sekaligus upaya meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, sehingga berkontribusi untuk pencegahan stunting, sekaligus ke depan mendukung program makan bergizi gratis yang dicanangkan oleh pemerintah,” terang Rudy.

Kepala Seksi Pemerintah Kelurahan Gambir, Andhy Bato Raya, mengapresiasi langkah KKP membagikan ikan secara gratis kepada masyarakat. Mewakili warga, menurutnya aksi tersebut dapat mendorong masyarakat untuk mengonsumsi ikan, terlebih ikan yang dibagikan memiliki kualitas yang baik.

“Ini positif ya, ikan itu proteinnya tinggi. Jadi kalau ada pembagian seperti ini berarti mendorong warga meningkatkan konsumsi ikan. Ini juga sejalan dengan upaya-upaya pencegahan stunting, yang di kelurahan juga ada. 

Selain membagikan paket ikan sehat bermutu, KKP menggelar donor darah berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Ratusan pegawai sejak pagi melakukan donor yang juga berlangsung di area kantor KKP.

Sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengimbau seluruh jajarannya untuk menyemarakkan HUT ke-25 KKP dengan berbagai aksi positif yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Mulai dari bagi ikan gratis, aksi bersih pantai, donor darah, hingga menggencarkan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan kompetensi masyarakat.

Untuk menyemarakkan hari ulang tahun perak ini, KKP telah menggelar berbagai kegiatan yang ditujukan bagi pegawai maupun stakeholder. Seperti perlombaan olahraga dan seni, kompetisi jurnalistik, hingga pemberian apresiasi kepada masyarakat kelautan dan perikanan, yang dikemas dalam berbagai acara bertajuk Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan. Rangkaian kegiatan berlangsung sejak pertengahan Agustus 2024. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA