Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lahan Tembakau Blora Berkembang Pesat, Petani Sejahtera

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 28 Oktober 2024, 04:03 WIB
Lahan Tembakau Blora Berkembang Pesat, Petani Sejahtera
Petani tembakau di Blora/Ist
rmol news logo Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora, Ngaliman, mengatakan budidaya tanaman tembakau di wilayahnya hingga saat ini berkembang pesat.

“Pada masa tanam 2024 luas areal tanaman tembakau sudah mencapai 2.775 Ha,” jelasnya, di Blora, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Minggu, 27 Oktober 2024.

Adapun varietas yang dikembangkan adalah Kasturi,Gilang Mancung dan Gilang Banteng. Sedangkan produktivitas tembakau 1-2 ton/ha. 

Dikatakannya, pola pengembangan budidaya tanaman tembakau sebagian besar dilakukan melalui pola kemitraan dengan PT Sadana Arif Nusa.

Model kemitraan yang terbangun semua kebutuhan saprodi disediakan oleh PT.Sadana dan pengembalian kredit dibayar ketika panen (Yarnen). 

Ngaliman menyampaikan untuk mendukung keberhasilan para petani tembakau dalam berusahatani tembakau pihak mitra kerja menyiapkan/menyediakan petugas pendamping.

Petugas ini berperan dalam memberi bimbingan teknis sehingga mampu mewujudkan keberhasilan dalam pemeliharaan dan pengolahan tembakau sesuai dengan standar kualitas yang sudah ditentukan.

Di samping itu pihak mitra kerja juga sudah memberi jaminan harga saat panen tiba. 

“Harga tembakau saat panen mencapai kurang lebih Rp40.000 per kg.Pendapatan bersih yang diterima petani berkisar antara Rp 25 juta sampai Rp40 juta per ha,” terangnya.

Meski demikian berdasarkan kenyataan di lapangan masih yang ada sebagian petani tembakau yang berusaha tani secara mandiri. 

Dalam rangka memotivasi para petani tembakau untuk bersemangat pengembangan areal tembakau dan memantapkan komitmen para petani tembakau di Kabupaten Blora oleh Bupati Blora Dr H. Arief Rohman beberapa waktu yang lalu 

Pada kesempatan itu, Bupati memerintahkan Kepala DP4 agar mengupayakan untuk memperoleh dukungan dan bantuan berbagai alat pertanian kepada para petani tembakau dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jateng.

Berkat komunikasi yang intensif dan kinerja yang diwujudkan oleh DP4 dalam perluasan tembakau di Kabupaten Blora, telah dibagikan bantuan kepada 24 kelompok tani tembakau, beberapa waktu lalu.

Bantuan itu berupa alat alat pertanian di antaranya, Cultivator 5 buah, handtraktor 10 buah, power sprayer 5 buah dan alat penyiang gulma 10 buah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA