Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HUT ke-79 TNI

TNI Harus Makin Modern, Adaptif dan Dekat dengan Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Kamis, 03 Oktober 2024, 16:23 WIB
TNI Harus Makin Modern, Adaptif dan Dekat dengan Rakyat
Komandan Nasional Resimen Mahasiswa (Dankonas Menwa) Indonesia, Ariza Patria/Ist
rmol news logo Komandan Nasional Resimen Mahasiswa (Dankonas Menwa) Indonesia, Ariza Patria, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Dalam kesempatan ini, Ariza berharap TNI terus menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan nasional serta semakin modern dalam segala aspek, namun tetap dekat dengan rakyat.

"Selamat ulang tahun yang ke-79 untuk TNI. Kami mengapresiasi seluruh jajaran TNI yang telah berperan besar dalam menjaga stabilitas negara, khususnya dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. Harapan kami, TNI ke depan akan semakin modern dan adaptif terhadap tantangan zaman, namun tetap tidak melupakan kedekatan dengan rakyat," ujar Ariza dalam pernyataannya di Jakarta, Kamis (3/10).

Ariza menekankan bahwa modernisasi TNI adalah kebutuhan mutlak untuk menjawab tantangan global dan regional yang semakin kompleks, seperti konflik di Laut China Selatan dan dinamika geopolitik di kawasan Asia-Pasifik maupun kondisi eskalasi Timur Tengah.

“Kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara terbesar pemeluk agama Islam di dunia, yang tentunya akan berdampak pada isu kritis Timur Tengah ini. Sehingga, TNI yang kuat dan modern diyakini akan semakin mampu menjaga kedaulatan Indonesia di tengah dinamika internasional tersebut,” jelasnya.

Selain aspek modernisasi, Ariza juga berharap TNI tidak kehilangan esensinya sebagai institusi yang lahir dari rakyat. 

"TNI harus terus mempertahankan hubungan erat dengan masyarakat, karena kekuatan sejati TNI tidak hanya berasal dari alutsista, tetapi juga dari dukungan rakyat. Kedekatan ini harus terus dijaga dan diperkuat melalui berbagai program sosial yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat, yang saat itu terbukti program ketahanan air oleh TNI AD perlu dilanjutkan dan diikuti Matra lainnya dengan program bermanfaat bagi masyarakat,” bebernya.

Ariza juga menyinggung pentingnya kolaborasi antara TNI dan berbagai elemen masyarakat, termasuk Resimen Mahasiswa, untuk berkontribusi nyata dalam pembangunan nasional. 

"Kolaborasi ini akan menciptakan sinergi yang positif dalam menjaga dan mengawal bangsa ini menuju masa depan yang lebih baik, melalui berbagai kontribusi nyata dalam pembangunan nasional,”  jelas dia.

Politikus Gerindra ini menyatakan bahwa Resimen Mahasiswa sebagai bagian dari komponen cadangan pertahanan negara, siap selalu berada di garda depan bersama TNI dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara. 

“Nilai-nilai kebangsaan dan semangat bela negara yang dipegang teguh Menwa sejalan dengan visi dan misi TNI, Nilai-nilai ini membentuk sikap setia Menwa untuk senantiasa turut serta sebagai garda terdepan penjaga kedaulatan bangsa dan negara,” tegasnya.

Menutup pernyataannya, Ariza Patria berharap TNI dapat terus berkembang menjadi institusi yang mampu menghadapi tantangan masa depan dengan profesionalisme tinggi, integritas, dan kedekatan yang tak tergantikan dengan rakyat. 

"Selamat ulang tahun ke-79, TNI. Semoga semakin jaya dan terus menjadi benteng kedaulatan serta penjaga persatuan bangsa Indonesia," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA