Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Karhutla di Muara Enim Mulai Ancam Pemukiman Warga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 05 September 2024, 06:23 WIB
Karhutla di Muara Enim Mulai Ancam Pemukiman Warga
Pj Bupati Muara Enim, Henky Putrawan, saat meninjau lokasi karhutla di Desa Sukamaju/Istimewa
rmol news logo Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim, Henky Putrawan, meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan untuk meningkatkan intensitas penggunaan helikopter waterbombing guna mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Sungai Rotan. 

Permintaan ini disampaikan Henky saat meninjau lokasi kebakaran yang telah meluas dan mendekati pemukiman warga, Selasa (3/9).

Dalam peninjauan yang didampingi oleh Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Arm Tri Budi Wijaya, Henky menekankan pentingnya penanganan intensif untuk mencegah meluasnya kebakaran. 

"Karhutla di Desa Sukamaju harus segera diatasi karena lokasi lahan terbakar sudah mendekati pemukiman warga," ujar Henky, diwartakan RMOLSumsel, Rabu (4/9).

Henky juga mengapresiasi upaya BPBD Kabupaten Muara Enim, Manggala Agni, serta aparat TNI-Polri yang telah berhasil memadamkan 20 hektare lahan yang terbakar melalui upaya pemadaman darat dan udara. 

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah mengaktifkan lima posko penanganan karhutla yang dilengkapi dengan personel BPBD, TNI-Polri, serta peralatan pemadaman untuk mengantisipasi kebakaran sejak dini.

Henky pun mengingatkan perusahaan dan masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. 

"Para pelaku yang sengaja membakar lahan akan dikenakan sanksi hukum pidana atau denda sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tegasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA