Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hujan Deras jadi Alasan Kawasan IKN Banjir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 26 Juni 2024, 12:11 WIB
Hujan Deras jadi Alasan Kawasan IKN Banjir
Banjir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur/Ist
rmol news logo Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur kebanjiran. Banjir di area dekat Ibukota Nusantara (IKN) ini terjadi karena intensitas hujan yang tinggi pada Senin malam hingga Selasa pagi, 24-25 Juni 2024 di Kecamatan Sepaku.

"Air sungai atau drainase meluap dan menyebabkan naiknya tinggi muka air di area rendah serta bantaran sungai dekat pemukiman warga," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Rabu (26/6).

Adapun wilayah terdampak banjir meliputi Desa Karang Jinawi, Suka Raja, Bukit Raya, dan Kelurahan Bukit Raya di Kecamatan Sepaku.

Banjir ini menyebabkan 331 keluarga atau sekitar 1.216 jiwa terdampak. Lebih dari 316 unit rumah tergenang air dengan ketinggian mencapai 50 hingga 150 cm.

"Saat ini, tinggi muka air di wilayah terdampak sudah mulai surut, dan tidak ada lagi genangan air yang mengancam keamanan masyarakat," tutup Muhari.

Untuk mengurangi risiko banjir di masa mendatang, BNPB mengimbau Pemda dan masyarakat rutin melakukan pembersihan saluran drainase dan sungai untuk memastikan aliran air lancar dan mengurangi kemungkinan terjadinya genangan air saat curah hujan tinggi.

Langkah ini diharapkan dapat membantu masyarakat di wilayah tersebut menghadapi bencana alam dengan lebih siap dan aman. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA