Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Batang, Ditemukan Hewan Kurban di Bawah Umur dan Hamil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 17 Juni 2024, 05:26 WIB
Di Batang, Ditemukan Hewan Kurban di Bawah Umur dan Hamil
Tim Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkannak) Kabupaten Batang memeriksa Kesehatan hewan kurban/RMOLJateng
rmol news logo Tim Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkannak) Kabupaten Batang menemukan empat hewan kurban belum cukup umur dan satu hamil di Masjid Agung Darul Mutaqqin.

Temuan itu disampaikan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dislutkannak Batang, Syam Manohara, pada takmir masjid. Hal itu merupakan hasil dari pemeriksaan anti Morfem.

"Kami menyarankan pada takmir masjid untuk klarifikasi pada sahibul kurban, itu mau ditukar apa mau dilanjut," kata Syam dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng, Minggu (16/6).

Menurut Syam, temuan itu bisa jadi pengalaman takmir masjid untuk penyelenggaran Iduladha tahun depan. Pihak takmir bisa memanggil Dislutkannak untuk melakukan pengecekkan hewan kurban.

Syam menyebut bahwa acuan umur hewan kurban itu ada di gigi. Jika giginya sudah berganti atau kuat maka sudah sah sebagai hewan kurban.

"Kalau gigi belum ganti, atau kalau manusia itu masih gigi susu, maka itu belum cukup umur atau masih remaja," kata Syam.

Kata Syam, orang awam pun sebenarnya bisa membedakan gigi hewan ternak. Apalagi jika sering mengamati hewan kurban.

Syam menyebut gigi hewan kurban dewasa lebih besar dan semacam ada jarak dengan gusi.

"Kita sarankan pada penjual, jadilah pedagang yang amanah. Jangan membohongi pada sahibul kurban. Karena saya yakin pedagang sudah tahu mana yang belum cukup umur dan sudah cukup umur," kata Syam.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA